Minimalisir Gesekan Antar Pendukung, Alasan KPU Gelar Debat Cabup-Cawabup Pasuruan di Surabaya

19

Pasuruan (WartaBromo.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasuruan telah memutuskan untuk menggelar debat calon Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan di luar kota, yakni di Surabaya.

Ketua KPU Kabupaten Pasuruan, Ainul Yakin, mengungkapkan alasan utama pemilihan lokasi debat tersebut adalah demi menjaga kondusivitas dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Ada pertimbangan keamanan dan kenyamanan semua pihak, karena kalau di Kabupaten Pasuruan sendiri, potensi kerawanan cukup tinggi,” ujar Ainul Yakin saat dihubungi wartabromo.com

Ainul mengakui, meskipun debat dilaksanakan di luar kota, antusiasme pendukung pasangan calon (paslon) untuk hadir tetap tinggi. Padahal, menurut Ainul, KPU sudah menyampaikan aturan kepada tim pendukung masing-masing paslon agar tidak datang karena keterbatasan kuota di lokasi debat.

“Ya, gimana, wong sudah di luar kota masih saja pendukung banyak yang datang. Tapi debat yang akan datang akan kita perketat lagi,” tambah Ainul.

Ia juga menegaskan bahwa seandainya debat digelar di wilayah Kabupaten Pasuruan dikhawatirkan gesekan sehingga semakin rawan.

Ketua KPU berharap, meskipun debat digelar di luar kota, masyarakat Kabupaten Pasuruan tetap dapat mengikuti proses debat ini melalui siaran langsung televisi dan akun resmi KPU Kabupaten Pasuruan.

“Kami ingin pastikan bahwa seluruh masyarakat mendapatkan informasi lengkap mengenai visi dan misi dari calon pemimpin mereka,”tegasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Pasuruan, Arie Yunianto menegaskan pihaknya telah memberikan himbauan bagi para pendukung untuk taat aturan termasuk menaati kuota undangan dan larangan membawa atribut atau APK ke lokasi debat.

“Sudah kita sampaikan, untuk semuanya taat aturan,” ujarnya.

Sebagai informasi, debat antar paslon calon Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan ini akan dilaksanakan dalam tiga sesi. Debat pertama telah dilangsungkan pada Kamis (17/10/2024) dengan diikuti oleh calon Bupati. Selanjutnya, debat kedua yang diikuti oleh calon Wakil Bupati akan diadakan pada Minggu (27/10/2024) di Hotel Santika Premier Surabaya. Debat terakhir akan dilaksanakan pada Rabu (13/11/2024) di salah satu stasiun televisi di Surabaya. (yog)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.