Upacara Hari Santri di Ponpes Bayt Al Hikmah Kota Pasuruan, Ketua DPRD Jadi Inspektur Upacara

9

Pasuruan (WartaBromo.com) – Upacara Hari Santri di Kota Pasuruan digelar di Ponpes Bayt Al Hikmah, Kelurahan Krampyangan, Selasa (22/10/2024). Prosesi upacara ini berlangsung khidmat.

Ketua DPRD Kota Pasuruan, M. Toyib didapuk sebagai inspektur upacara. Para santri Ponpes Bayt Al Hikmah beserta ASN dan non ASN Pemkot Pasuruan hadir sebagai peserta upacara.

Toyib mengatakan, peringatan Hari Santri tanggal 22 Oktober merupakan momentum untuk mengenang dan meneladani para santri yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

“Sejarah mencatat santri adalah satu kelompok yang aktif menggelorakan perlawanan terhadap penjajah salah satu bukti revolusi jihad pada tanggal 22 oktober 1945,” ujarnya

Ia menambahkan sejak resolusi jihad para santri dan masyarakat terbakar semangatnya untuk berjuang dan mempetahankan kemerdekaan.

“Santri dan masyarakat terus melakukan perlawanan kepada penjajah tanpa rasa takut hingga akhirnya pecah puncak perlawanan pada tanggal 10 november 1945 yang kita kenal sebagai hari pahlawan,” tambahnya

Hari santri tahun 2024 ini mengusung tema “Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan” bahwa seorang santri mempunyai tugas melanjutkan perjuangan kyai.

“Melanjutkan juang bukan berarti mengenang tetapi juga beraksi dengan semangat yang sama dalam menghadapi tantangan zaman modern maka santri masa kini berkontribusi dalam membangun masa depan masyarakat yang lebih baik khususnya para santri dalam meraih masa depan dan memujudkan cita cita bangsa,” pungkasnya

Setelah upacara kegiatan diakhiri dengan penyerahan sertifikat tanah oleh BPN kepada Pondok Pesantren Bayt Al Hikmah dan pelepasan balon keudara.

Hadir juga dalam kegiatan Seketaris Daerah Kota Pasuruan, Forkopimda Kota Pasuruan, kiai, habaib, kepala perangkat daerah, camat, dan lurah. (tof/*)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.