Cawagub Lukmanul Khakim Sebut Penduduk Miskin di Jatim Tertinggi di Indonesia

23

Pasuruan (WartaBromo.com) – Penduduk miskin di Jawa Timur jadi sorotan Calon Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut 01, Lukmanul Khakim. Ia menyebut jumlah penduduk miskin di Jawa Timur tertinggi di Indonesia.

Hal ini diungkapkan Lukman dalam Muskercab DPC PKB Kota Pasuruan di Hotel Ascent Premiere, Gadingrejo, Kota Pasuruan, Sabtu (19/10/2024).

Lukman menyebut, data yang dia dapat, jumlah penduduk miskin di Jawa Timur pada tahun 2023 sebanyak 4,1 juta penduduk. Lalu pada tahun 2024, jumlah penduduk miskin masih tersisa 3,9 juta penduduk.

“Realitas yang dihadapi sekarang, ternyata angka penduduk miskin di Jawa Timur tertinggi nasional. Padahal kalau dibandingkan dengan mengukur jumlah penduduk di Indonesia, jumlah penduduk tertinggi di Jawa Barat,” ujar Lukman.

Lukman juga menyinggung soal tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Jawa Timur. Ia menyebut, alumni sekolah menengah kejuruan (SMK) berkontribusi pada TPT tertinggi di Jawa Timur.

Padahal, kata Lukman, seharusnya SMK adalah tempat menghasilkan lulusan-lulusan terampil yang bisa diserap oleh lapangan pekerjaan.

“Nah ini sekolah di SMK, lulus malah nganggur. Ini kan keliru to? berarti harus ada yang dibenahi,” imbuh Lukman.

Sementara itu Ketua DPC PKB Kota Pasuruan, Ismail Marzuki Hassan mengatakan, muskercab ini sekaligus konsolidasi pemenangan momen Pilkada Serentak 2024.

Pada Pilgub Jatim, PKB mengusung dua kadernya yakni Luluk Nur Hamidah dan Lukmanul Khakim. Ismail memastikan mesin politik PKB di Kota Pasuruan bakal all out memenangkan pasangan nomor urut 01 tersebut. Bahkan ia memasang target mampu memperoleh suara 50 persen.

“Kami yakin gerakan internal kami hari ini sudah sangat masif sekali. Mudah-mudahan target ini bisa kami cukupi,” kata Ismail. (tof)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.