Nelayan Probolinggo Temukan Paus Pilot Terdampar di Pantai Permata

0

Mayangan (WartaBromo.com) – Nelayan di sisi timur Pantai Permata, Sukabumi, Kota Probolinggo, menemukan seekor paus pilot terdampar di area pasang surut.

Sudianto, nelayan sekitar lokasi kejadian, menuturkan awal mula penemuan mamalia laut berukuran besar itu. Paus yang terdampar, memiliki panjang sekitar enam meter.

Sekitar pukul 15.00 WIB, ia berniat mencari tebalan di area pasang surut. Ketika itu air laut sedang surut. Saa melihat sekeliling, matanya tertuju pada gundukan besar dan bergerak.

“Saya kira jaring nelayan, saya dekati, ternyata ikan paus,” ujarnya, Jumat (18/10/2024) petang.

Ketika pertama kali ditemukan, kondisi ikan masih bergerak dan hidup. Kabar penemuan paus yang terdampar itu segera menyebar ke masyarakat.

Sudianto bersama warga lainnya, berusaha menyiram paus dengan air. Tujuannya agar tetap hidup. Warga tak dapat berbuat banyak selain menyiram dengan air laut.

Sebab saat itu, kondisi air sedang surut. Diperkirakan air laut pasang sekitar pukul 20.30 WIB. Ketika air pasang, diharapakan bisa mengangkat tubuh hewan laut berukuran jumbo itu.

Kejadian paus terdampar di pesisir Probolinggo, bukan kali pertama terjadi. Beberapa tahun silam juga pernah terjadi. Penemuan kali ini juga sudah dilaporkan ke pihak terkait untuk segera dievakuasi. (lai/saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.