Pimpinan DPRD Kota Probolinggo Resmi Dilantik, Ini Harapan Pj Wali Kota

10

Probolinggo (WartaBromo.com) – Pimpinan definitif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Probolinggo periode 2024-2029 akhirnya resmi ditetapkan dan diambil sumpahnya, Kamis (17/10/2024). Pj Walii Kota Probolinggo berharap legislatif punya komitmen kuat melayani masyarakat.

Pelantikan tersebut berlangsung dalam Rapat Paripurna dengan agenda Pengucapan Sumpah dan Janji Pimpinan DPRD. Acara ini dipimpin oleh Ketua Sementara DPRD, Dwi Laksmi Syntha Kusumawardhani.

Ia menjelaskan bahwa tugas pimpinan sementara berakhir setelah pimpinan definitif diambil sumpahnya. “Pimpinan definitif merupakan satu kesatuan yang bekerja secara kolektif dan kolegial sesuai dengan peraturan yang berlaku,” jelasnya.

Pimpinan DPRD yang dilantik terdiri dari Ketua DPRD Dwi Laksmi Syntha Kusumawardhani, Wakil Ketua I Abdul Mujib, dan Wakil Ketua II Santi Wilujeng Prastyani.

Prosesi sumpah dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Probolinggo, Mellina Nawang Wulan, dengan disaksikan oleh Pj Wali Kota Taufik Kurniawan dan seorang rohaniwan. Penandatanganan berita acara pengambilan sumpah juga dilakukan sebagai bentuk legalitas formal.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Taufik Kurniawan menyampaikan apresiasi dan harapannya kepada pimpinan yang baru dilantik.

“Dengan formasi yang sudah lengkap, saya berharap DPRD mampu mengemban amanah dan memperkuat komitmen dalam melayani masyarakat. Sinergi antara eksekutif dan legislatif harus semakin solid demi kesejahteraan warga Kota Probolinggo,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan bahwa posisi pimpinan DPRD adalah bentuk kepercayaan publik. “Semoga tugas mulia ini dapat dijalankan dengan baik. Semoga kita selalu dalam bimbingan Tuhan dan dijauhkan dari segala hambatan,” tambah Taufik.

Ketua DPRD terpilih, Dwi Laksmi Syntha Kusumawardhani, menyampaikan bahwa pihaknya akan segera menyusun alat kelengkapan dewan dan tata tertib DPRD.

Selain itu, ia menekankan pentingnya pembahasan lima Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) non-APBD dan Raperda APBD.

“Kami siap menjalankan tugas ini dengan sebaik-baiknya demi kemajuan kota dan kesejahteraan masyarakat,” tutup politisi Golkar itu.

Dengan pelantikan ini, DPRD Kota Probolinggo diharapkan dapat bekerja efektif dan responsif dalam menghadapi berbagai tantangan, serta berperan aktif dalam pembangunan daerah selama lima tahun ke depan. (saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.