Langka, Baru Kali Ini Bunga Bangkai di KBR Pasuruan Mekar!

69

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bunga Amorphophallus titanum atau lebih dikenal dengan nama Bunga Bangkai, mekar untuk pertama kalinya di Kebun Raya Purwodadi (KBR) Pasuruan. Fenomena ini sangat dinantikan karena Bunga Bangkai merupakan salah satu spesies flora langka yang siklus mekarnya jarang terjadi.

Berdasarkan pantauan Wartabromo.com di lokasi, menurut Andi Afrilliya Ani, Corporate Communication KBR Purwodadi Pasuruan, Bunga Bangkai tersebut menunjukkan kemunculan perbungaannya sejak awal Oktober 2024.

“Sebenarnya sudah terlihat tanda-tanda mekarnya sejak awal Oktober, cuma baru mekar ya tadi malam dan mulai jam 19.00 malam tadi kami sudah proses pemindahan bunga hingga pukul 02.00 dini hari,” terangnya pada Senin (14/10/2024) pagi.

Bunga yang berasal dari umbi seberat 8 kg ini pada akhirnya mekar untuk pertama kali di KBR Pasuruan. Tentu menjadikan momen langka dan bersejarah bagi pemerhati flora, khususnya di Pasuruan.

Ia menambahkan, mekarnya bunga bangkai di KBR Pasuruan mulai terlihat dengan inisiasi pembukaan kelopak pada Minggu, 13 Oktober 2024, pukul 10.00 WIB. Proses ini menandai puncak perkembangan perbungaan setelah beberapa minggu menunjukkan pertumbuhan yang signifikan.

Di tempat yang sama, Fitra Agung Nugroho, Koordinator Holtikultura KBR Pasuruan menjelaskan, momen ini menjadi hal yang menarik karena ini salah satu jenis amor yang luar biasa, jadi pembungaannya besar dan sifatnya langka,” terangnya.

Fenomena mekarnya bunga ini diawasi langsung oleh tim peneliti dan pengelola KBR Pasuruan. Mereka secara aktif memantau perkembangan bunga tersebut sejak awal Oktober, ketika tanda-tanda perbungaan mulai muncul.

Mekarnya Bunga Bangkai merupakan momen yang sangat langka, mengingat tanaman ini memiliki siklus mekar yang tidak dapat diprediksi dan membutuhkan kondisi lingkungan yang spesifik.

Sebagai informasi, mekarnya Bunga Bangkai ini disaksikan dan diabadikan berbagai kalangan, awak media hingga grup studytour sekolah turut hadir. Serta, ditutup dengan penjelasan mengenai edukasi perihal spesies Bunga Bangkai lebih dalam. (jun)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.