Program Biopori, Komitmen CJI dalam Konservasi Air

49

Pasuruan (WartaBromo.com) – Konsistensi PT Cheil Jedang Indonesia (CJI) untuk peduli terhadap lingkungan dibuktikan dengan adanya program CSR pembuatan biopori.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas air tanah di desa sekitar perusahaan. Melalui program ini diharapkan setiap masyarakat sadar pentingnya konservasi air.

Biopori adalah lubang vertikal yang dibuat di dalam tanah untuk meningkatkan penyerapan air hujan. Lubang ini biasanya berukuran sekitar 30-50 cm dan diisi dengan limbah organic. Seperti sayuran dan dedaunan.

Secara ilmiah, limbah organic tadi akan dijadikan makanan oleh cacing. Sehingga tanah menjadi subur dan jalur lewat cacing bermanfaat untuk resapan air. Dengan cara ini, air dapat meresap dengan cepat ke dalam tanah, membantu mengurangi resiko banjir dan memperbaiki kualitas tanah.

Pada Selasa (8/10/2024), PT CJI berkolaborasi dengan Pemerintahan Desa Kemantrenrejo Kecamatan Rejoso, mengadakan sosialisasi pembuatan 100 titik lubang biopori. Kegiatan ini digelar di Lapangan Desa Kemantren dan beberapa rumah warga.

ANTUSIAS: Dengan adanya pembekalan manfaat dari biopori, ibu-ibu PKK siap untuk sosialisasi ke warga

Di tengah permasalahan lingkungan, seperti banjir, kekeringan dan penurunan kualitas tanah, program biopori hadir sebagai solusi inovatif. Program ini bertujuan untuk meningkatkan daya resap tanah, mengurangi genangan air, serta mendukung keberlanjutan lingkungan.

Melalui inisiatif ini, masyarakat dilibatkan secara aktif untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik.
Program ini bertujuan untuk menyediakan akses air bersih yang aman dan berkelanjutan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Dengan membangun dan memelihara sumur air bersih, perusahaan tidak hanya mengatasi masalah akses air, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Perusahaan percaya bahwa air bersih merupakan pondasi bagi kehidupan yang sehat dan produktif.

Pendidikan: Menanamkan mindset sejak dini terkait pentingnya konservasi air

Melalui program ini, perusahaan berkomitmen untuk mendukung pembangunan berkelanjutan dan memberdayakan masyarakat untuk menjaga dan memelihara sumber daya mereka sendiri. Ini adalah bagian dari usaha perusahaan untuk menciptakan dampak positif dan berkelanjutan bagi lingkungan dan masyarakat di sekitar perusahaan.

“Semoga dengan adanya program biopori ini debit air di sumur air bersih Desa Kemantren terjaga. Dan warga mendapatkan air yang layak,” Slamet Wahyudi, Manager Public Relation PT CJI. (day/**)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.