Berkunjung ke Kota Pasuruan, Cagub Tri Risma Blusukan di DAS Petung

185

Pasuruan (WartaBromo.com) – Calon Gubernur Jawa Timur, Tri Risma Harini blusukan ke daerah aliran sungai (DAS) Petung, Kota Pasuruan, Selasa (01/10/2024). Sungai ini merupakan sungai yang menjadi langganan banjir di musim hujan.

Risma bersama rombongan tiba di Kota Pasuruan sekitar pukul 19.00 WIB. Mereka turun di Lingkungan Bok Wedi, Kelurahan Blandongan, Kecamatan Bugul Kidul.

Beberapa saat setelah memantau sungai, Risma dengan diantar timnya menggunakan sepeda motor menuju ke arah hilir Sungai Petung yang berada di sisi utara.

Usai mengecek kondisi di lapangan, Risma menyebut, ada dua masalah di DAS Petung. Pertama, sungai menyempit saat menuju ke hilir. Kedua, saat laut pasang, air sungai tak bisa keluar ke muara.

“Ini dua permasalahan. Apalagi pas air laut pasang, air yang dari atas tidak bisa keluar,” kata Risma.

Untuk diketahui, setiap musim hujan, DAS Petung sering meluber ke Jalur Pantura, hingga menyebabkan terhambatnya arus lalu lintas.

Bahkan, pada tahun 2022 lalu, volume air Sungai Petung yang cukup tinggi mengakibatkan tanggul sungai jebol. Air sungai meluber ke kawasan tambak milik warga.

Oleh karenanya, mantan Wali Kota Surabaya itu mengungkapkan, DAS Petung perlu dipasang pintu air dan pompa air.

“Dari sini, ditutup pintunya lalu dipompa keluar. Tapi ternyata ada masalah ketika air yang datang dari Pasuruan wilayah atas cukup tinggi. Ini perlu ditangani juga, bagaimana agar air digandoli di atas atau kecepatannya dikurangi saat turun ke bawah,” imbuh Risma. (tof)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.