Air PDAM Mampet, Warga di Panggungrejo Antre Air Bersih

25

Pasuruan (WartaBromo.com) – Warga di Jalan Jendral S Parman, Kelurahan Panggungrejo, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan, terpaksa mengantre mendapatkan air bersih, Rabu (18/9/2024). Itu terjadi setelah air PDAM setempat mampet selama sebulan terakhir.

Pantauan di lokasi, puluhan warga terlihat membawa jerigen yang ditata berjajar di sekitar tangki air bersih. Air 8000 liter itu merupakan bantuan dari komunitas lokal.

Aisyah (35), salah seorang warga mengaku krisis air bersih di tempatnya itu sudah berlangsung lama.  “Sudah sebulan ini mampet. Kami terpaksa membeli air bersih, harganya Rp18 ribu untuk 18 jerigen. Sehari bisa habis lebih dari 30 jirigen untuk kebutuhan masak, mandi, dan mencuci,” ujarnya.

Senada dengan Aisyah, Siti Mariyam (54) juga mengaku kesulitan selama air PDAM di wilayahnya mati. Ia tak bisa masak hingga mencuci baju sebelum membeli air bersih.

“Masak dari dulu masih perbaikan terus. Harapan saya, PDAM bisa segera memperbaiki ini agar air kembali lancar,” ucap Mariyam.

Sementara itu, Yoyok Widoyoko, Direktur PDAM Kota Pasuruan, menyatakan pihaknya telah melakukan pengecekan ke lokasi untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut.

“Kami sudah turun ke lapangan dan menemukan kendala pada jaringan utama dari sumber air Umbulan. Saat ini, kami masih menelusuri penyebab pastinya,” jelas Yoyok.

Pihaknya berupaya memperbaiki masalah tersebur dengan memasang pompa baru untuk memastikan pasokan air lebih lancar.

“Sementara untuk tahun ini kami masih pasang pompa baru,” terangnya.

Pihaknya juga akan terus memantau situasi dan berupaya mempercepat perbaikan agar warga bisa mendapatkan air bersih tanpa harus bergantung pada bantuan. (don/asd)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.