Ngalap Barokah, Ribuan Jemaah Hadiri Maulid Al-Habsyi Mbah Hamid Pasuruan

173

Pasuruan (WartaBromo.com) – Ribuan jemaah menghadiri Maulid Al-Habsyi dalam rangkaian kegiatan Haul Kiai Hamid di Pondok Pesantren Salafiyah Pasuruan pada Jumat (13/9/2024). Kegiatan yang dimulai sejak pukul 05.00 WIB ini dihadiri oleh sejumlah ulama besar seperti KH. A. Baha’uddin Nur Salim, Habib Taufik, serta ulama lainnya dari berbagai daerah.

Pantauan di lokasi, para jemaah tidak hanya memenuhi area pesantren, tetapi juga memadati sepanjang Jalan KH. Wahid Hasyim, Jalan Jawa, hingga Masjid Jamik Al-Anwar. Kegiatan yang menjadi tradisi tahunan ini diikuti dengan antusias oleh masyarakat yang datang dari berbagai daerah, bahkan dari luar Pulau Jawa.

Rohman (55), warga Sampang Madura, mengaku rutin menghadiri acara ini setiap tahun.

Baca Juga :   Jelang Haul Romo Kyai Abdul Hamid, Panitia Pastikan Jalur Tidak Macet

“Saya sudah datang sejak Jumat pagi bersama keluarga. Kami menginap di rumah kerabat dan akan mengikuti rangkaian kegiatan haul hingga besok,” tuturnya. Rohman menambahkan, tujuan utamanya adalah untuk “ngalap barokah” dari Kiai Abdul Hamid Pasuruan.

Selain jemaah dari luar kota, Yasak, warga Jalan Panglima Sudirman, Kota Pasuruan, juga hadir sejak subuh.

“Dekat dari rumah, jadi saya bisa datang sejak pagi untuk ngalap barokah di awal Maulid ini,” ujar Yasak yang sudah menjadi bagian dari tradisi ini selama bertahun-tahun.

Maulid Al-Habsyi ini menjadi pembuka rangkaian acara Haul Akbar Kiai Abdul Hamid yang akan berlangsung hingga Sabtu (14/9/2024). Pada Jumat siang, kegiatan dilanjutkan dengan acara Iksas (Ikatan Alumni Salafiyah) dan Himmah di Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah Pasuruan.

Baca Juga :   Haul Kyai Hamid, Penginapan di Kota Pasuruan Full Booked

Di malam harinya, acara Khotmul Quran akan digelar di Pondok Pesantren Salafiyah pada pukul 19.30 WIB.

Puncak acara Haul Kiai Abdul Hamid dijadwalkan berlangsung pada Sabtu pagi pukul 07.00 WIB di Pondok Pesantren Salafiyah, yang diperkirakan akan dihadiri oleh puluhan ribu jemaah.

Kegiatan Haul ini akan ditutup dengan Lailatul Hadrah pada malam harinya di tempat yang sama.

Panitia telah mempersiapkan sejumlah fasilitas untuk mendukung kenyamanan para jemaah, termasuk beberapa kantong parkir dan tempat istirahat yang disediakan di berbagai fasilitas pemerintah.

Dengan dukungan ini, diharapkan seluruh rangkaian acara dapat berlangsung dengan lancar dan khidmat. (don)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.