Blusukan di Grati, Bacawabup Ning Wardah Beri Dukungan Pembudidaya Jamur Tiram

105

Grati (WartaBromo.com) – Bakal Calon Wakil Bupati (Bacawabub) Wardah Hamidah melakukan kunjungan ke pembudidaya jamur tiram di Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan. Dalam kunjungannya, Bacawabup Ning Wardah menyebut siap membantu mengatasi keluhan pembudidaya dalam mendapatkan bibit jamur tiram.

Ning Wardah bersama rombongan datang di ke tempat budidaya jamur tiram alam lestari di Desa Sumberagung, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan pada Senin (8/9/2024) lalu. Bakal calon wakil bupati itu juga disambut oleh puluhan emak-emak yang juga ikut dalam pengelolaan budidaya jamur tersebut.

Ia kemudian langsung masuk ke dalam tempat pembudidayaan jamur tiram didampingi oleh Supartono, Ketua kelompok Budidaya Jamur Alam Lestari.

Dalam kesempatan itu, Supartono juga menjelaskan bagaimana sulitnya mencari bibit jamur tiram di wilayah Pasuruan.

Baca Juga :   DPRD Segera Konsultasikan Usulan Pj Bupati Pasuruan ke Kemendagri

“Kalau kendala saat ini mungkin di bahan baku, kita harus ke jember untuk membeli bibit,” curhat Supartono pada Ning Wardah.

Menurutnya, kesulitan bahan baku ini sudah dirasakan sejak beberapa tahun lamanya. Hal itu berbanding terbalik dengan permintaan jamur tiram yang terus meningkat.

“Saya berharap di Pasuruan ada bibit jamur tiram sendiri, biar nggak susah-susah,” ujarnya.

Bakal calon wakil bupati pasuruan itu kemudian menanggapi keluhan yang dirasakan oleh pembudidaya jamur tersebut.

“Kesulitan untuk mencari bahan baku, nah ini adalah pengetahuan baru buat saya pribadi. Karena selama ini kalau di bidang agraria biasanya yang dikeluhkan adalah terkait irigasi terkait pupuk gitu ya, tapi kalau ini terkait bahan baku berkualitas ternyata yang masih sangat sulit didapatkan pada hal pelanggannya udah banyak ya,” terangnya.

Baca Juga :   PKS Nyatakan Dukung Pasangan Hasani - M.Yasin

Ia juga menyebut jika kebutuhan tentang jamur tiram di Pasuruan ini sudah tinggi. Tapi supply-nya tidak begitu mencukupi karena belum banyak yang bisa memprovit bahan baku yang berkualitas.

“Pemerintah nantinya harus siap memberikan solusi terhadap permasalahan seperti ini. Sehingga tadi misalnya permasalahan terkait bahan baku yang masih kurang berarti kita bisa menggalakkan penanaman bibit gitu ya sehingga bisa mempermudah supply untuk ke budidaya-budidaya jamur,” jelasnya.

Usai melihat tempat budidaya jamur tiram, Wardah kemudian menyempatkan untuk memasak olahan makanan dari bahan baku jamur tiram.

Kegiatan tersebut disambut antusias oleh puluhan emak-emak di tempat itu. Ada olahan lumpia jamur hingga tahu jamur. (don/yog)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.