Upacara di Bakalan Purwosari, Bendera Sempat Gagal Berkibar Karena Tersangkut

587

Purwosari (WartaBromo.com) – Momen heroik terlihat saat Totok Winarto (45), pria asal Dusun Sukoanyar, Desa Bakalan, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan memanjat tiang bendera saat pelaksanaan upacara bendera di Desa Bakalan Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan, Sabtu (17/8/2024).

Diketahui, ia memanjat tiang bendera untuk membenahi tali bendera yang tersangkut.

Dalam video berdurasi 35 detik itu memperlihatkan Totok berada di pucuk tiang bendera upacara di lapangan Desa Bakalan Purwosari. Ia berada di atas bendera merah putih yang belum sampai ke atas.

Dalam rekaman video itu, terdengar juga warga yang khawatir dengan posisi pria itu yang berada di atas tiang.

Perangkat desa setempat membenarkan aksi heroik tersebut. Momen heroik itu terjadi saat pengibaran bendera merah putih.

Baca Juga :   Warga Terluar Probolinggo Upacara di Pantai

“Pas pengibaran bendera. Angin kenceng, tali itu kena angin ke utara terus lepas dari relnya tiang bendera,” kata Nurul Mustofa, Sekertaris Desa Bakalan saat dikonfirmasi wartabromo.com.

Saat para peserta upacara panik. Tiba-tiba dari arah barat, dari barisan RT 25, RW 06, Totok lari dengan cepat dan naik ke atas tiang bendera itu untuk membenahinya. “Saat panik semua, petugas pengibaran panik. Tiba-tiba pak Totok itu lari dan naik dengan kenceng,” jelasnya.

Namun, karena kondisi angin yang cukup kencang. Tali tersebut tidak bisa dibenahi untuk kembali masuk ke rel tiang bendera.

“Akhirnya ganti bendera, sekaligus dengan tiangnya,” tuturnya. (don/yog)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.