Ditargetkan Selesai Akhir Tahun, Pembangunan Pusat Oleh-oleh Khas Probolinggo Capai 20%

2981

Kraksaan (WartaBromo.com) – Pemerintah Kabupaten Probolinggo sedang membangun gedung Pusat Oleh-oleh Khas Probolinggo di Kraksaan dengan anggaran sebesar Rp1.564.720.000. Proyek ini baru mencapai 20 persen dari total progres pembangunan.

Berdasarkan Surat Perintah Kerja (SPK) nomor 602.1/4.709/SP.PK/426.113/2024, pembangunan dimulai pada 18 Juli 2024 dan dijadwalkan selesai pada 11 Desember 2024, dengan durasi pengerjaan selama 147 hari kalender.

Proyek ini dibiayai oleh Dana Alokasi Umum (DAU) Tahun Anggaran 2024. Kontraktor pelaksana proyek adalah CV. Man Ana Konstruksi, dengan CV. Ronggolawe Constama sebagai Konsultan Perencana, dan CV. Mega Konsultan sebagai Konsultan Pengawas.

Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto, meninjau pembangunan gedung yang berlokasi di kompleks Kantor Kecamatan Kraksaan atau timur Gedung Islamic Center, Kelurahan Patokan pada Jumat (16/8/2024).

Baca Juga :   Pegawai Magang Pemkab Probolinggo yang Diberhentikan Bisa Diangkat Kembali

Ugas menyampaikan bahwa ada beberapa pembangunan infrastruktur di Probolinggo sedang berlangsung. Termasuk perbaikan Stadion Gelora Merdeka, jalan dan lain-lain.

Ugas menekankan pentingnya pusat oleh-oleh ini sebagai solusi atas keluhan para pelaku UMKM. Selama ini, produk UMKM sering tidak tersalurkan dengan baik kecuali melalui event tertentu atau bagi yang menguasai teknologi informasi.

“Dengan adanya pusat oleh-oleh ini, diharapkan sekitar 60% produk UMKM bisa terserap dan dipasarkan dengan lebih baik,” ucap Ugas.

Dia juga menggarisbawahi bahwa persaingan di pusat oleh-oleh akan mendorong produk berkualitas untuk lebih laku di pasaran dengan harga terjangkau.

Selain itu, Ugas mengungkapkan kebanggaannya bahwa Probolinggo akan memiliki pusat oleh-oleh sebagai tempat bagi masyarakat dan wisatawan untuk mendapatkan produk lokal khas daerah tersebut.

Baca Juga :   Pol PP "Bersih-bersih" Tempat Hiburan Malam, Ini Hasilnya

“Kita target pembangunannya selesai pada bulan Desember mendatang. Sehingga tahun baru sudah bisa beroperasi,” pungkasnya.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Disperkimtan), Robby Siswanto, yakin proyek pembangunan Pusat Oleh-oleh Khas Probolinggo akan selesai tepat waktu.

“Sekarang progres pembangunannya sekitar dua puluh persen,” ujar Robby saat mendampingi Ugas. (aly/saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.