DKUPP Probolinggo Verifikasi 59 Alat Kemetrologian di BSML Yogyakarta

24

Probolinggo (Wartabromo.com) – UPT Metrologi Legal Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Probolinggo mengirimkan 59 unit alat kemetrologian untuk diverifikasi di Balai Sertifikasi Metrologi Legal (BSML) Regional 2 Yogyakarta. Sebagai upaya menjaga akurasi dan keadilan dalam pengukuran.

Kepala DKUPP Kabupaten Probolinggo, Taufik Alami, bersama Kepala UPT Metrologi Legal, Diyah Setyo Rini, serta para ahli penera, secara langsung hadir di BSML Regional 2 Yogyakarta, Senin (12/8/2024). Untuk memastikan alat-alat tersebut mendapatkan sertifikasi yang sesuai standar.

Taufik menjelaskan bahwa verifikasi ini merupakan kegiatan rutin tahunan untuk menjamin alat-alat kemetrologian UPT Metrologi Legal memenuhi standar yang ditetapkan.

“Proses tera ulang ini penting untuk menjaga akurasi alat ukur, memastikan transaksi ekonomi yang adil, serta mendukung kesehatan dan keselamatan masyarakat,” ujarnya, Rabu (14/8/2024).

Baca Juga :   Serius Maju Pilbup Probolinggo, Zulmi Kembalikan Formulir ke PDIP

Menurut Diyah Setyo Rini, verifikasi peralatan ini tidak hanya berperan dalam keadilan dan ketepatan pengukuran, tetapi juga mempersiapkan Kabupaten Probolinggo dalam menghadapi tantangan pasar bebas di era globalisasi.

“Dengan sertifikasi ini, kami berharap dapat mempertahankan status Kabupaten Probolinggo sebagai daerah tertib ukur,” tambahnya.

Proses verifikasi melibatkan berbagai peralatan seperti anak timbangan, timbangan elektronik, bejana ukur, dan gelas ukur. Sertifikat verifikasi ini berlaku selama 1 hingga 2 tahun, tergantung pada jenis peralatan.

Diyah menghimbau masyarakat dan pemilik alat ukur di Probolinggo untuk segera melakukan tera ulang melalui UPT Metrologi Legal Kabupaten Probolinggo. Baik di kantor maupun di lokasi-lokasi sidang tera ulang yang biasanya diadakan di pasar-pasar.

Baca Juga :   Ingin Jenguk Anak Mondok di Sidogiri, Pasutri asal Ponpes Salfiyah Al-Utsman Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan

Dengan alat yang sudah terverifikasi, UPT Metrologi Legal Kabupaten Probolinggo siap memberikan pelayanan terbaik dalam bidang kemetrologian. Memastikan setiap alat ukur yang digunakan di daerah telah memenuhi standar akurasi yang ditetapkan. (saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.