Setoran Dividen BUMN ke Pemerintah Naik, Gus Mufti : Apresiasi Untuk Pak Erick

31

Bali (WartaBromo.com) – Anggota DPR RI Komisi VI, Mufti Anam atau Gus Mufti mengapresiasi Kementerian BUMN di bawah kepemimpinan Erick Thohir yang mampu meningkatkan setoran dividen lima tahun terakhir kepada pemerintah.

Diketahui besaran kontribusi dividen BUMN selama tahun 2020-2024 mencapai Rp279,7 triliun atau melebihi angka lima tahun sebelumnya.

“Ini tren positif, apresiasi untuk Pak Erick Thohir. Semoga tren ini ke depan harus bisa dijaga serta terus berlanjut dengan baik,” ujar Gus Mufti saat Focus Group Discussion (FGD) Komisi VI dan Kementerian BUMN di Bali.

Nilai setoran dividen itu juga melebihi angka Penyertaan Modal Negara (PMN) tunai ke BUMN dari tahun 2020-2024 yang mencapai Rp217,9 triliun atau secara kumulatif lebih besar Rp61,9 triliun.

Baca Juga :   TikTok Dianggap Pemicu Penurunan Omzet Pedagang dan UMKM, Begini Kata Gus Mufti

Gus Mufti menjelaskan untuk menjaga tren positif setoran dividen BUMN kepada pemerintah itu, maka dapat dilakukan beberapa langkah.

Seperti penguatan efektivitas pengawasan dan pengendalian terhadap PMN yang akhirnya akan berdampak pada peningkatan dividen.

“Meskipun selama ini PMN bersifat penguasan, Sebagian mengandung misi sosial ekonomi yang besar, tetap ada yang sebagian untuk mendukung ekspansi kinerja. Efektivitas PMN akan memastikan dampak signifikan ke peningkatan kinerja keuangan, laba, dan ujungnya dividen bisa terus naik,” kata Anggota DPR RI dari Dapil II Jatim itu.

Selain itu, Gus Mufti menyarankan langkah untuk menjaga tren positif setoran dividen dengan memperkuat manajemen risiko terhadap segala kegiatan bisnis maupun operasional BUMN.

Baca Juga :   PGN Pastikan Pasokan Gas Rumah Tangga di Semarang dan Blora Tetap Terjaga

“Manajemen risiko yang baik akan memastikan BUMN mampu melakukan mitigasi potensi-potensi yang berdampak negatif ke operasional dan bisnis perusahaan. Sehingga, kinerja keuangan terjaga baik, laba meningkat, dan ruang untuk meningkatkan dividen ke negara semakin luas,” tuturnya. (ham/yog)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.