Simak! Ini 5 Tips Sukses Wawancara Kerja Biar Diterima Kerja

35

Pasuruan (WartaBromo.com) – Wawancara kerja merupakan salah satu tahapan krusial dalam proses perekrutan yang bisa menentukan nasib seseorang dalam mendapatkan pekerjaan. Makannya, penting untuk cek tips sukses wawancara kerja.

Pada eBook Glassdoor berjudul “50 Statistik SDM dan Perekrutan yang Membuat Anda Berpikir”, disebutkan bahwa dari 250 pelamar kerja, hanya ada 4-6 orang yang dipanggil untuk wawancara.

Dalam wawancara, calon karyawan memiliki kesempatan untuk menunjukkan keterampilan komunikasi, kemampuan berpikir kritis, dan kepribadian yang sesuai dengan budaya perusahaan.

Oleh karena itu, persiapan matang dan pemahaman tentang tips sukses wawancara kerja sangat diperlukan agar dapat meninggalkan kesan positif dan meningkatkan peluang diterima bekerja. Yuk, simak tipsnya berikut ini!

1. Riset Mengenai Posisi

Mengetahui detail tentang pekerjaan, tanggung jawab, dan keterampilan yang dibutuhkan akan membantu dalam mempersiapkan diri dengan lebih baik.

Selain itu, pemahaman mendalam tentang perusahaan, budaya kerjanya, serta visi dan misinya, memungkinkan pelamar untuk menyesuaikan jawaban dalam wawancara dengan lebih tepat..

2. Pelajari Jenis Pertanyaan

Dengan memahami berbagai jenis pertanyaan, pelamar dapat mempersiapkan jawaban yang lebih terstruktur dan meyakinkan.

Selain itu, mempelajari pertanyaan-pertanyaan ini juga membantu pelamar untuk mengantisipasi dan merencanakan cara terbaik dalam menyampaikan pengalaman kerja, keterampilan, dan pencapaian relevan.

3. Bersikap Profesional

Sikap profesional mencakup berbagai aspek, seperti datang tepat waktu untuk wawancara serta berkomunikasi dengan sopan dan jelas.

Penting juga untuk menjaga postur tubuh yang baik, melakukan kontak mata, dan mendengarkan dengan penuh perhatian untuk meninggalkan kesan positif.

4. Berpenampilan Rapi

Penampilan yang rapi dan profesional menciptakan kesan pertama yang baik dan menunjukkan bahwa pelamar menghargai kesempatan yang diberikan.

5. Percaya Diri

Terpenting, pelamar harus percaya diri. Dengan kepercayaan diri yang baik, pelamar mampu menyampaikan potensi diri dengan efektif serta mampu menghadapi situasi wawancara dengan lebih santai dan profesional. (trf/jun)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.