Pemprov Jatim Habiskan Rp20 Miliar untuk Tangani Sungai di Lumbang

101
Pj. Gubernur Jatim Adhy Karyono (baju putih) saat mencoba jembatan bailey di Lumbang, Kabupaten Pasuruan (14/7/2024).

Lumbang (WartaBromo.com) – Jembatan Sungai Lumbang yang rusak diterjang banjir tuntas diperbaiki. Pemprov Jatim menggelontorkan Rp20 miliar untuk penanganan darurat Sungai Lumbang ini.

Pj. Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono mengungkapkan, penanganan darurat di Sungai Lumbang mencakup normalisasi jalan yang tertimbun material batu sepanjang 140 meter dengan 0,5-2,5 meter.

Kemudian pemasangan jembatan darurat bailey, pengaspalan jalan sepanjang 221 meter, pemasangan bronjong, dan normalisasi sungai sepanjang 136,70 meter.

Adhy mengaku, Pemprov Jatim berupaya melakukan percepatan penanganan bencana dan pasca bencana, terutama jika berdampak pada infrastruktur.

“Nilainya total Rp20 miliar, bersumber dari BTT Pemprov Jawa Timur,” kata Adhy usai peresmian jembatan Sungai Lumbang pada Minggu (14/07/2024).

Pj. Bupati Pasuruan, Andriyanto mengungkapkan, jembatan Sungai Lumbang ini rusak diterjang banjir bandang pada bulan Januari 2024 kemarin.

Peristiwa ini juga bersamaan dengan banjir yang menerjang sejumlah desa di Kecamatan Winongan. Banjir merendam pemukiman beberapa hari hingga membuat aktivitas warga lumpuh.

Terputusnya jembatan Sungai Lumbang menyebabkan sulitnya akses warga setempat ke tiga kecamatan yakni Kecamatan Lumbang dan Kecamatan Puspo.

“Dengan adanya jembatan ini yang paling penting mudah-mudahan ekonomi masyarakat kembali berjalan dengan baik,” ujar Andriyanto. (tof/asd) 

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.