50 Rutilahu di Kota Probolinggo Direnovasi TNI AL

58

Probolinggo (WartaBromo.com) – Sebanyak 50 unit Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) di Kota Probolinggo direnovasi tentara. Kegiatan ini bagian dari program Karya Bakti TNI AL Tahun 2024.

Program renovasi Rutilahu dilaksanakan di 6 Kabupaten/Kota di Jawa Timur, dengan total 240 unit rumah. Kota Probolinggo mendapatkan alokasi 50 unit yang tersebar di Kecamatan Mayangan dan Kecamatan Kademangan.

“Saya mengapresiasi sinergitas dengan Lantamal V Surabaya yang menjadi pelaksana rehabilitasi rutilahu ini. Semoga pembangunan berjalan lancar sesuai target,” ujar Penjabat Wali Kota Nurkholis, Kamis (11/7/2024).

Berdasarkan data Kementerian PUPR, sampai dengan 31 Desember 2023, Kota Probolinggo masih memiliki 558 rumah tidak layak huni. Pada tahun 2023, APBD Kota Probolinggo merenovasi 29 rumah, Baznas Kota Probolinggo 25 rumah, dan Dewan Pengurus Korpri Kota Probolinggo 5 rumah.

Nurkholis mengajak partisipasi berbagai pihak untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal layak bagi masyarakat tidak mampu di Kota Probolinggo.

“Diperlukan partisipasi dari berbagai pihak, termasuk dunia usaha, untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pemenuhan kebutuhan dasar perumahan,” ujarnya.

Danlantamal V Brigjen TNI (Mar) Joni Sulistiawan mengunjungi salah satu penerima renovasi, Newan, di Jalan Ikan Tongkol Gang Susu II Kelurahan Mayangan, Kecamatan Mayangan.

Joni didampingi Ketua Korcab V Jala Senastri II Heni Joni Sulistiawan secara simbolis meletakkan keramik pertama di rumah Newan. “Kita menyisir rumah-rumah yang tidak layak huni di sekitar pesisir pantai yang menjadi tugas tanggung jawab dari TNI AL,” ujar Joni.

Joni menyatakan bahwa program Rutilahu 2024 dimulai pada Juli hingga September mendatang. Ia mengharapkan partisipasi seluruh pihak untuk mengawasi dan mengevaluasi perkembangan program ini sampai diserahterimakan kepada warga.

Newan, didampingi putrinya Juhairiyah, mengaku senang karena rumahnya terpilih untuk mendapatkan perbaikan. “Alhamdulillah senang. Terima kasih banyak,” ungkapnya.

Program Rutilahu 2024 merupakan kerja sama antara Lantamal V dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk masyarakat di pesisir Jawa Timur. Program ini telah berjalan sejak 2015 dan memberikan manfaat besar bagi masyarakat yang membutuhkan, terutama di wilayah pesisir. (saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.