Taktik Ning Wardah Siapkan Program Ekonomi Hijau di Kabupaten Pasuruan

0

Surabaya (WartaBromo.com) – Calon Bupati Kabupaten Pasuruan, Wardah Nafisah, menunjukkan keseriusannya dalam menjadikan Kabupaten Pasuruan sebagai kawasan ekonomi hijau yang berkelanjutan. Melalui rencana jangka menengah (RPJMD) 2025-2029, Wardah siap membawa program pertumbuhan ekonomi berbasis lingkungan untuk menjawab masalah pemerataan dan kesejahteraan daerah.

Wardah menekankan pentingnya pendekatan yang memadukan ekonomi dan pelestarian lingkungan, yang menurutnya dapat memberi dampak jangka panjang.

“Bumi kita cuma satu, jadi sebagai manusia, kita harus menjadi khalifah yang baik di dalamnya. Pemberdayaan ekonomi berbasis pelestarian lingkungan yang berkelanjutan adalah komitmen kami dalam lingkungan hidup. Investasi hijau memegang peran penting yang berdampak ganda, tidak hanya di sektor ekonomi, tetapi juga di sektor lingkungan hidup serta sektor lainnya,” tegasnya.

Sebagai strategi untuk menarik investor, Wardah fokus pada ekonomi sirkuler. Sistem di mana limbah industri dapat diolah menjadi produk yang bernilai ekonomi. Ia mencontohkan program pengelolaan sampah di kawasan industri Pier, Pasuruan, di mana ia sendiri pernah terlibat sebagai pimpinan PT SIER selama dua tahun terakhir.

Di sana, setiap hari 50 ton sampah industri diolah di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPS) dan diubah menjadi RDF (Refuse-Derived Fuel) untuk bahan bakar atau paving berbasis sampah. Menurut Wardah, taktik ekonomi sirkuler ini tak hanya mengurangi limbah tetapi juga memberi manfaat ekonomi.

“Komitmen kita untuk investasi hijau adalah mengutamakan investor yang mau menerapkan ekonomi sirkuler dalam operasionalnya,” ujar Wardah.

Wardah juga menyiapkan langkah untuk memperkuat fungsi TPS di seluruh Kabupaten Pasuruan, yang setiap harinya mengelola sekitar 5.000 ton sampah. “Paling tidak, ada 50 TPS di seluruh Kabupaten Pasuruan yang dapat mendukung upaya pengolahan sampah secara berkelanjutan,” tambahnya.

Dalam pandangan Wardah, program ini tak hanya membawa Pasuruan selangkah lebih maju, tetapi juga sejalan dengan visi nasional untuk masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan. (don/tof)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.