Debat Kedua Cawabup Pasuruan: Anggota DPRD Wajib Netral, Dilarang Teriak Yel-Yel Dukung Paslon

138

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebanyak 50 anggota DPRD Kabupaten Pasuruan mendapatkan undangan khusus untuk hadir dalam debat kedua calon Wakil Bupati Pasuruan yang akan digelar di Hotel Santika Premier Surabaya pada Minggu (27/10/2024) malam ini.

Namun, para anggota dewan dari partai pengusung kedua paslon tersebut dilarang keras untuk ikut yel-yel atau memberikan dukungan secara terang-terangan kepada pasangan calon (paslon) mana pun selama acara berlangsung.

Komisioner KPU Kabupaten Pasuruan, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM, Mochamad Rois, menjelaskan bahwa anggota DPRD yang hadir akan ditempatkan di kursi VIP bersama undangan penting lainnya, seperti Forkopimda, Bawaslu, dan KPU.

Namun lantaran diundang sebagai pejabat daerah, Rois menegaskan bahwa mereka tidak boleh menunjukkan dukungan dalam bentuk apa pun, berseragam seperti pendukung termasuk yel-yel dukungan saat debat berlangsung.

“Kami sudah mengingatkan bahwa sebagai pejabat negara, mereka harus bersikap netral. Jika ada yang menunjukkan dukungan secara langsung, hal itu bisa dilaporkan ke Bawaslu sebagai pelanggaran,” ujar Rois.

Ia juga menambahkan bahwa KPU telah mengirimkan surat pemberitahuan kepada Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan untuk memperingatkan anggota DPRD terkait aturan tersebut.

Senada dengan Rois, Ketua Bawaslu Kabupaten Pasuruan, Arie Yunianto, menyatakan bahwa pihaknya sudah mengetahui tentang diundangnya 50 anggota DPRD Kabupaten Pasuruan sebagai tamu VIP dalam debat kedua tersebut. Menurut Arie, jika mereka hadir sebagai pejabat daerah, maka mereka dilarang keras untuk melakukan yel-yel atau menunjukkan dukungan.

“Jika itu terjadi, maka akan dianggap sebagai temuan pelanggaran,” tegasnya.

Namun demikian, Arie mengatakan, jika anggota DPRD tersebut ingin mendukung salah satu paslon secara lebih terbuka, mereka bisa memilih untuk duduk di kursi pendukung bersama dengan 50 pendukung masing-masing paslon.

“Kalau ingin yel-yel selama debat, silakan duduk di kursi pendukung,” tambahnya.

Debat kedua Pilbup Pasuruan yang akan digelar malam ini akan mempertemukan calon Wakil Bupati nomor urut 1, Wardah Nafisah, dengan calon Wakil Bupati nomor urut 2, Shohih Asori.

Acara debat ini akan dimulai pukul 19.00 WIB dan disiarkan oleh stasiun televisi lokal. Media ini juga akan menyiarkan secara langsung di channel YouTube Pasuruan Hari Ini serta TikTok WartaBromo, di mana masyarakat dapat mengikuti dan menyaksikan jalannya debat. (yog)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.