KPU Catat Ada 3.963 Pemilih Disabilitas di Pilbup Pasuruan

27

Bangil (WartaBromo.com) – KPU Kabupaten Pasuruan mencatat ada ribuan pemilih disabilitas pada Pilbup Pasuruan nanti. KPU memastikan adanya layanan aksesible bagi mereka.

Komisioner Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kabupaten Pasuruan, Fatimatuz Zahro menyebutkan, ada sekitar 3.963 pemilih disabilitas se-Kabupaten Pasuruan.

Mereka terdiri dari disabilitas fisik, disabilitas intelektual, disabilitas mental, disabilitas sensorik wicara, disabilitas sensorik rungu dan disabilitas sensorik netra.

Pemilih disabilitas ini tersebar di 2.338 di TPS yang ada di Kabupaten Pasuruan. Zahro memastikan, pendirian TPS di masing-masing lokasi diupayakan harus ramah terhadap disabilitas.

Selain itu, KPU juga memberikan alat bantu tuna netra (ABTN) disetiap masing-masing TPS. Ketentuan terkait pendirian TPS nantinya akan diatur dalam PKPU pemungutan dan perhitungan suara.

ā€¯Adanya alat bantu, agar supaya nantinya diberikan kemudahan bagi penyandang disabilitas,” ujar Zahro, Sabtu (26/10/2024).

Ia merinci, pemilih disabilitas antara lain penyandang disabilitas fisik 57% (2.241), disabilitas intelektual sebanyak 3% (130), disabilitas mental sebanyak 14% (559).

Kemudian disabilitas sensorik wicara sebanyak 12% (460), disabilitas sensorik rungu sebanyak 3% (122) dan disabilitas sensorik netra sebanyak 11% 451. Yang diakumulasikan jumlah disabilitas pada ada 3.963 jiwa (riz/tof)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.