Produksi Surat Suara Pilbup Probolinggo Dimulai, KPU Pastikan Transparansi dan Tepat Waktu

13

Probolinggo (WartaBromo.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo telah memulai proses pencetakan surat suara (susu) untuk Pilkada serentak 2024.

Proses ini dilakukan di Percetakan Temprina, Gresik, dengan pengawasan langsung dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Probolinggo. Memastikan transparansi dan akurasi dalam setiap tahapannya.

Proses pencetakan massal dimulai pada Jumat (25/10/2024), dengan total produksi sebanyak 872.218 lembar. Termasuk tambahan cadangan 2,5 persen untuk mengantisipasi kebutuhan darurat.

Surat suara ini direncanakan akan dikirimkan ke Kabupaten Probolinggo pada 28 Oktober, agar dapat segera didistribusikan ke berbagai wilayah sebelum hari pemilihan.

Ketua KPU Kabupaten Probolinggo, Aliwafa, menyampaikan bahwa sebelum proses pencetakan massal dimulai, pihaknya sudah memeriksa sampel surat suara untuk memastikan kesesuaian desain dan spesifikasi.

“Kami telah melihat dan memastikan sampel sesuai dengan usulan yang diajukan KPU,” ujar Aliwafa ketika dikonfirmasi.

Ia juga menegaskan bahwa hasil pengecekan tersebut memenuhi standar yang ditetapkan, mencakup ukuran, tampilan foto, logo, hingga format tulisan.

“Insyaallah, semua telah sesuai dengan harapan kami dan pencetakan berjalan tepat waktu,” tambahnya.

Dengan pengawasan ketat dari Bawaslu dan pengecekan berlapis oleh KPU, diharapkan proses distribusi surat suara berjalan lancar tanpa kendala.

KPU juga menekankan pentingnya menjaga integritas dan transparansi dalam setiap tahapan, guna meningkatkan kepercayaan publik terhadap pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Probolinggo. (saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.