Debat Cabup Pasuruan Dituding Tak Netral dan Giring Opini, Bawaslu Minta KPU Ingatkan Panelis di Debat Kedua

98

Pasuruan (WartaBromo.com) – Menyikapi tudingan yang menyebutkan bahwa ada panelis yang dianggap menggiring opini publik melalui pertanyaan yang membandingkan visi dan misi antar pasangan calon, Ketua Bawaslu Kabupaten Pasuruan, Arie Yunianto, angkat bicara.

Ia menegaskan pentingnya menjaga integritas dan profesionalitas panelis, terutama saat menyusun pertanyaan.

“Kami berharap KPU mengingatkan panelis untuk tetap menjaga integritas dan profesionalitasnya. Pertanyaan seharusnya lebih fokus pada penajaman visi dan misi para kandidat, bukan membandingkan visi misi antar paslon,” ujar Arie saat dikonfirmasi wartabromo.com, Jumat (25/10/2024).

Menurutnya, pertanyaan yang membandingkan visi misi dua pasangan calon memang sangat berisiko menciptakan penggiringan opini yang merugikan salah satu paslon.

Terkait pernyataan yang viral dalam video debat perdana,Arie menyebutkan bahwa Bawaslu akan membawa sejumlah catatan penting untuk dibahas dalam rapat evaluasi, Jumat (25/10/2024) siang ini.

Rapat tersebut, katanya, akan membahas terkait persiapan debat kedua Cawabup yang dijadwalkan berlangsung pada Minggu (27/10/2024) di Hotel Santika Premier Surabaya.

“Beberapa catatan terkait jalannya debat perdana akan menjadi bahan evaluasi, termasuk soal pertanyaan yang dianggap menggiring opini,” tegasnya.

KPU Kabupaten Pasuruan sendiri telah menyiapkan 9 panelis untuk tiga kali debat yang terbagi masing – masing tiap sesi debat menunjuk 3 panelis dari sejumlah kalangan tersusun akademisi.

“Kalau diganti pasti. Karena setiap sesi (debat) beda panelis. Tapi (ini) tetap akan kami jadikan kan atensi dan evaluasi karena riskan, “ujar Ketua KPU Kabupaten Pasuruan Ainul yakin saat dikonfirmasi wartabromo.com. (yog)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.