Pelipatan Surat Suara Pilbup Serap Tenaga dari Luar Kabupaten Pasuruan

47

Bangil (WartaBromo.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasuruan akan memulai tahapan pelipatan surat suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada pekan depan.

KPU juga bakal melibatkan warga dari luar Kabupaten Pasuruan dalam tahapan pelipatan surat suara tersebut.

Ketua KPU Kabupaten Pasuruan, Ainul Yaqin menilai pelipatan surat suara ini menjadi salah satu tahapan paling krusial, maka diperlukan skema yang baik.

“Kenapa krusial? karena supaya pelipatan surat suaranya bisa benar-benar dipertanggung jawabkan. Makanya skema pun harus kita pikirkan dengan baik,” ujarnya pada Selasa (22/10/2024).

Lebih lanjut, Yaqin mengatakan pelibatan warga luar Kabupaten Pasuruan dalam proses tersebut dimaksudkan agar pelipatan surat suara bebas dari kepentingan politik.

“Ini strategi kami untuk meminimalisir risiko apapun yang mungkin bisa terjadi pada saat pelipatan surat suara,” tegasnya.

Selain itu, KPU Kabupaten Pasuruan akan menggandeng pihak ketiga mengingat banyaknya surat suara memerlukan petugas yang terlibat bakal cukup banyak.

Sementara, Sekretaris Komisi I DPRD Kabupaten Pasuruan, Eko Suryono menegaskan bahwa Dewan akan aktif memonitor kesiapan logistik, mulai dari pengecekan kotak suara, kertas pemilihan dan logistik lainnya yang tersedia di gudang KPU.

Diketahui logistik yang telah tersedia di antaranya 4.676 kotak suara, 1.238.022 surat suara Pilbup Pasuruan, ditambah 2.000 surat suara PSU dan 1.238.022 surat suara Pilgub Jatim. (ham/yog)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.