Catat! Ini Janji Strategi Gus Mujib dan Rusdi Sutejo Untuk Perbaikan Infrastruktur Jalan di Pasuruan

149

Pasuruan (WartaBromo.com) – Salah satu segmen menarik dalam debat publik perdana Calon Bupati Pasuruan ialah sesi tanya-jawab antar calon. Pada sesi tersebut, isu infrastruktur jalan di Kabupaten Pasuruan sempat menjadi pembahasan.

Hal itu terlihat pada saat Calon Bupati Pasuruan nomor urut 2, Rusdi Sutejo memberikan pertanyaan kepada Calon Bupati Pasuruan nomor urut 1, Gus Mujib Imron. Rusdi mengatakan kondisi infrastruktur jalan di Kabupaten Pasuruan perlu mendapatkan perhatian.

“Salah satu yang menjadi pekerjaan rumah Kabupaten Pasuruan selama ini adalah infrastruktur jalan di wilayah kabupaten Pasuruan dalam kondisi rusak sedang sampai rusak berat,” ujarnya.

Melihat latar belakang tersebut Rusdi menjelaskan perlu adanya perbaikan. Ia kemudian menayakan strategi apa yang akan dilakukan paslon nomor urut satu terkait untuk perbaikan kerusakan jalan tersebut.

Menanggapi pertanyan dari Rusdi, Gus Mujib Imron berpendapat bahwa perlu pembahasan antara lembaga eksekutif dan legislatif untuk menyelesaikan masalah itu. Lebih lanjut, Gus Mujib juga memberikan beberapa tawaran solusi terkait perbaikan infrastruktur jalan.

“Ada cara-cara yang lain, ada namanya Jalan Tani. Jalan Tani ini bisa diberikan dari pusat, dari Departemen Pertanian dan juga dari provinsi itu mungkin,” jelasnya.

Selain itu, Gus Mujib juga mengatakan anggaran untuk infrastuktur jalan bisa diambil dari Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT). Menurutnya, jika anggaran sepenuhnya dibebankan di APBD ada kemungkinan sektor lain akan merasa kekurangan.

“Apabila jalan ini adalah jalan ke ke area industri rokok maka di situ secara langsung itu adalah diperbolehkan ambil dari DBHCHT,” lanjutnya.

Sementara, Rusdi melihat bahwa perbaikan infrastuktur jalan ini dapat dimulai dari evaluasi terhadap aset jalan yang menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten Pasuruan. Ia juga menekankan keterlibatan pemerintah desa menangani masalah ini.

“Karena banyak jalan yang rusak lebih banyak ada di
desa, maka anggaran untuk pemerintah desa harus diperbesar. Pemerintah Desa harus kita beri kepercayaan untuk membangun jalan di wilayahnya masing-masing,” ujarnya.

Simak videonya:

Calon Bupati dari Pasangan RUBIH itu memberikan catatan data jalan rusak dari Bina Marga di tahun 2023 sepanjang 1.036 KM. Lantas, ia menanyakan program dari Paslon nomor urut 1 yang ingin memperbaiki 2.000 KM jalan.

Gus Mujib Imron lalu menjawab bahwa segala program prioritas Pasangan MUDAH yang telah disusun merupakan hasil pembahasan bersama dan perhitungan terhadap kekuatan APBD. Ia juga menegaskan bahwa dirinya secara jelas mengetahui jalan mana saja yang menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten Pasuruan. (ham/yog)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.