Cerita Warga Pasuruan yang Mulai Berdatangan ke Haul Solo

397

Solo (WartaBromo.com) – Sejumlah rombongan jemaah asal Pasuruan mulai berdatangan di Solo untuk menghadiri puncak Haul ke-113 Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi yang akan digelar pada Rabu (23/10/2024). Ribuan jemaah dari berbagai daerah diprediksi memadati Masjid Ar Riyadh, yang menjadi pusat kegiatan haul ini.

Sejak Selasa (22/10/2024) pagi, rombongan dari Pasuruan sudah mulai meninggalkan kampung halaman mereka menuju Solo. Berbagai moda transportasi digunakan oleh para jemaah, mulai dari mobil pribadi, travel, hingga bus. Mereka rela menempuh perjalanan jauh demi meraih barokah di acara tahunan yang sangat dinanti ini.

Zuhdi (29), seorang warga Desa Pleret, Kecamatan Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan, menjadi salah satu dari ribuan jemaah yang berangkat lebih awal. Ia bersama rombongannya memilih menggunakan kendaraan jenis Elf untuk menempuh perjalanan. Mereka telah tiba di Solo pada Selasa siang, setelah menempuh perjalanan selama sekitar empat jam dari Pasuruan.

“Alhamdulillah, perjalanan lancar. Kami berangkat pagi dan sampai di Solo siang hari. Insya Allah, kami akan berada di sini sampai Kamis untuk mengikuti rangkaian acara haul dan maulid,” ujar Zuhdi.

Tidak hanya Zuhdi, rombongan lainnya juga sudah mulai berdatangan. Arif, warga Desa Sekar Putih, Kecamatan Gondang Wetan, Kabupaten Pasuruan, bersama puluhan jemaah lainnya telah mempersiapkan keberangkatan ini sejak jauh hari. Bagi Arif dan rombongannya, haul Habib Ali merupakan momen yang penuh keberkahan, sehingga mereka tidak ingin melewatkan kesempatan ini.

“Sudah kami rencanakan lama. Saya berangkat bersama saudara-saudara menggunakan mobil pribadi. Haul ini memang selalu kami nantikan setiap tahunnya, karena keutamaannya yang besar dan keberkahan yang insya Allah bisa didapatkan,” kata Arif penuh semangat.

Acara Haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi ini memang selalu menjadi magnet bagi jemaah dari berbagai penjuru Nusantara, bahkan luar negeri. Selain untuk mengenang sosok Habib Ali, acara haul ini juga merupakan ajang bagi para jemaah untuk memperkuat tali silaturahmi serta mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui doa dan dzikir bersama.

Masjid Ar Riyadh, yang menjadi titik utama kegiatan haul, sejak awal pekan ini sudah dipadati jemaah yang ingin berziarah ke makam Habib Ali dan mengikuti rangkaian acara haul. Diperkirakan, pada puncak acara nanti, jumlah jemaah akan mencapai puluhan ribu, seiring dengan kedatangan rombongan dari berbagai kota di Indonesia.

Pihak panitia haul telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut kedatangan jemaah. Sejumlah kantong parkir pun juga disiapkan oleh panitia. (don/yog)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.