Sosialisasi Program Inisiasi Kampung Wisata Bangilan Disambut Antusias Warga

11

Pasuruan (WartaBromo.com) – WartaBromo bersama Japan Tobacco Indonesia (JTI) dan Yayasan Investasi Sosial Indonesia (ISI) menggagas program inisiasi kampung wisata bangilan. Di tahap awal sosialisasi, program ini disambut antusias oleh warga.

Sosialisasi program yang berjudul “Inisiasi Kampung Bangilan Sebagai Destinasi Wisata Kota Pasuruan” digelar di Balai Kelurahan Bangilan pada Selasa (22/10/2024). Sosialisasi ini menghardirkan dua narasumber yakni Apri dari Yayasan Investasi Sosial Indonesia dan Sartika Fitria Lestari dari Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kota Pasuruan.

Perwakilan JTI, Yanuar Nugraha mengungkapkan, program yang akan dilaksanakan selama beberapa bulan ke depan ini merupakan langkah awal menuju terbentuknya kampung wisata.

“Karena namanya inisiasi, jadi ini permulaan. Pemetaan potensi-potensi yang ada di Bangilan ini apa saja. Potensi-potensi ini bisa disentuh lewat pendekatan pariwisata,” kata Yanuar.

Ketua Pokdarwis Bangilan, Abdul Rahman mengatakan, kampungnya memiliki memiliki nilai unik, salah satunya masih banyaknya rumah warga dengan arsitektur kuno.

Selain itu ada beberapa produk kuliner legendaris Kota Pasuruan lahir di Bangilan, seperti rawon dan sate komoh, Kopi Sepoor Kaspandi, dan jamu kere.

Sebagai Ketua Pokdarwis Bangilan, Abdul Rahman menyambut antusias adanya program ini. Sebab, kata dia, dengan bekerja bersama-sama, konsep tentang kampung wisata di Bangilan akan lebih jelas dan terarah.

“Kami selama ini sangat semangat. Hanya memang kadang-kadang arahnya saja yang masih meraba-raba, mau ke mana,” ujar Abdul Rahman.

Sementara itu, Lurah Bangilan, Kutbudin Aiba mengaku, pihak kelurahan mendukung program inisiasi kampung wisata Bangilan. Ia juga mendorong warga berpartisipasi melalui ide, gagasan, untuk membangun kampung Bangilan.

“Bagaimana nanti beberapa tahun ke depan Bangilan ada perubahan. Meski secara fisik tidak perlu berubah, tapi paling tidak ada perubahan secara mental, gaya hidup, dan sebagainya. Di mana Bangilan nanti akan jadi pusat pariwisata,” kata Aiba. (tof)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.