Cak Imin dan Gus Ipul Satu Barisan di Kabinet: ‘Lupakan Perbedaan yang Ada Merah Putih’

124
Source ilustrasi: Antaranews | Grafis: Noropujadi

Jakarta (WartaBromo.com) – Menteri Koordinator Pemberdayaan Masyarakat, Muhaimin Iskandar, atau yang akrab disapa Cak Imin, ditunjuk untuk memimpin koordinasi kerja sejumlah kementerian penting. Di antaranya, Kementerian Sosial yang kini dipimpin oleh Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Kementerian Perlindungan Pekerja Migran, Kementerian Koperasi, Kementerian Ekonomi Kreatif, Kementerian Desa, dan Kementerian UMKM.

Penunjukan ini menarik perhatian publik, mengingat hubungan antara Cak Imin dan Gus Ipul selama ini sering diwarnai perbedaan pendapat.

Kedua tokoh yang masih bersaudara tersebut berasal dari latar belakang organisasi yang berbeda, dengan Cak Imin yang merupakan Ketua Umum PKB dan Gus Ipul yang menjabat sebagai Sekretaris Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Kerenggangan hubungan selama ini antara PKB dan PBNU kerap memunculkan spekulasi politik.
Namun, saat ditanya wartawan mengenai hubungan kedinasannya dengan Gus Ipul sebagai Menteri Sosial, Cak Imin dengan tegas menyatakan bahwa isu politik tidak relevan dalam tugas pemerintahannya.

“Di sini tidak ada urusan dengan partai, tidak ada urusan dengan latar belakang. Di kementerian-kementerian ini, kita dipimpin oleh orang-orang yang berasal dari partai yang berbeda-beda. Tidak ada perbedaan, semuanya satu kesatuan, merah putih. Lupakan urusan kelompok, lupakan urusan pribadi atau partai, apalagi perbedaan pendapat,” ujar Cak Imin.

Pernyataan Cak Imin ini meredam spekulasi mengenai adanya friksi di antara para menteri dalam kabinet terkait latar belakang politik mereka.
Ia menegaskan bahwa seluruh jajaran kabinet bekerja demi kepentingan bangsa dan rakyat, di luar kepentingan politik maupun pribadi. (yog)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.