Faisol Riza Dilantik sebagai Wakil Menteri Perindustrian: Eks Aktivis 98 dalam Kabinet Merah Putih

134

Jakarta (WartaBromo.com) – Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto resmi melantik susunan Kabinet Merah Putih periode 2024-2029 di Istana Merdeka, Senin (21/10/2024). Salah satu tokoh yang dilantik adalah Faisol Riza, mantan aktivis 98, sebagai Wakil Menteri Perindustrian, mendampingi Agus Gumiwang Kartasasmita.

Pelantikan Faisol berlangsung Senin sore bersama 55 wakil menteri lainnya. Ia satu-satunya figur asal Kabupaten Probolinggo yang dipercaya masuk kabinet. Dengan 48 menteri dan 56 wakil menteri, Kabinet Merah Putih tercatat sebagai kabinet paling gemuk sejak Orde Baru (Orba).

Pelantikan wakil menteri kali ini dilakukan beberapa jam setelah Prabowo melantik jajaran menteri Kabinet Merah Putih di Istana Negara. Dalam prosesi, Prabowo secara resmi mengambil sumpah para pejabat:

“Bersediakah saudara-saudara untuk diambil sumpah menurut agama masing-masing?”
“Bersedia,” jawab merek serentak.

Kabinet baru ini menghadirkan nama-nama dengan latar belakang beragam, yang diyakini mampu menjawab tantangan pemerintahan selama lima tahun ke depan.

Faisol Riza memiliki latar belakang yang unik. Lahir di Probolinggo, 1 Januari 1973, pendidikan awalnya ditempuh di lingkungan Nahdlatul Ulama. Setelah menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah di MTs dan MA Nurul Jadid, ia melanjutkan studi di Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, Jakarta, dengan fokus pada Ilmu Filsafat.

Dikenal aktif dalam dunia aktivisme sejak muda, Faisol pernah memimpin Solidaritas Mahasiswa Indonesia untuk Demokrasi (SMID) pada masa krisis 1998-1999. Ia juga terlibat dalam Partai Rakyat Demokratik (PRD).

Menjadi salah satu dari tiga aktivis yang dibebaskan setelah penculikan di era Orde Baru, sebuah pengalaman yang mengukuhkan perannya dalam perjuangan demokrasi.

Faisol memulai karier politiknya bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada tahun 2008, dan berlanjut sebagai Wakil Sekretaris Jenderal DPW PKB DKI Jakarta. Ia juga pernah menjadi staf khusus di Kementerian Tenaga Kerja dan Kementerian Pemuda dan Olahraga, sebelum akhirnya terjun ke legislatif sebagai anggota DPR RI.

Sebelum dilantik sebagai Wakil Menteri Perindustrian, Faisol merupakan wakil rakyat dari daerah pemilihan Jawa Timur II yang meliputi Kabupaten dan Kota Probolinggo serta Pasuruan.

Pada masa jabatannya sebagai Ketua Komisi VI DPR RI, Faisol menangani berbagai bidang strategis seperti perindustrian, perdagangan, dan BUMN. Kini, dengan pengalaman tersebut, ia diharapkan dapat memperkuat kinerja Kementerian Perindustrian.

Faisol Riza, dengan jejak panjang di bidang aktivisme, politik, dan pemerintahan, dipercaya akan memberi kontribusi nyata dalam mengembangkan sektor industri Indonesia, sejalan dengan visi Presiden Prabowo. (saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.