Debat Perdana Pilbup Probolinggo 2024, Adu Gagasan Demi Tingkatkan Partisipasi Pemilih

281

Kraksaan (WartaBromo.com) – KPU Kabupaten Probolinggo menggelar debat pertama Pemilihan Bupati (Pilbup) Probolinggo pada Minggu, 20 Oktober 2024 di Gedung Islamic Center Kraksaan.

Ketua KPU Kabupaten Probolinggo, Aliwafa, menjelaskan bahwa debat ini bertujuan memperkenalkan profil dan visi-misi pasangan calon (paslon) kepada masyarakat.

“Debat ini untuk memberikan informasi kepada sekitar 872.218 pemilih di Kabupaten Probolinggo, agar mereka lebih mengenal dan memahami profil serta program masing-masing pasangan calon,” ujar Aliwafa dalam sambutannya.

Aliwafa menegaskan bahwa debat merupakan bagian penting dalam rangkaian pilkada dan wajib diikuti seluruh kandidat. Kegiatan ini diharapkan mampu membantu masyarakat memilih dengan lebih bijak dan meningkatkan partisipasi pada pemilihan yang akan digelar pada 27 November 2024.

“Kami ingin pemilih yang tersebar di 1.749 TPS benar-benar memahami visi dan misi paslon, sehingga mereka yakin menggunakan hak pilihnya,” katanya.

Ia juga mengajak masyarakat untuk mengikuti debat dengan seksama. Dengan demikian, pemilih diharapkan bisa melihat ide dan gagasan terbaik dari masing-masing kandidat.

“Mari kita simak adu gagasan dari para paslon, agar visi-misi mereka semakin jelas dan bisa dipertimbangkan dengan matang,” imbuhnya.

Pilkada Kabupaten Probolinggo tahun ini diikuti dua pasangan calon. Paslon nomor urut 1 adalah Zulmi Noor Hasani – Abdul Rasit, sedangkan paslon nomor urut 2 adalah dr. Mohammad Haris – Fahmi AHZ.

Debat perdana ini diharapkan menjadi awal yang baik dalam memastikan bahwa pemilihan berlangsung transparan, kompetitif, dan mampu menarik antusiasme masyarakat.

Dengan partisipasi pemilih yang tinggi, Pilkada Probolinggo diharapkan menghasilkan pemimpin yang benar-benar mencerminkan aspirasi rakyat. (saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.