Debat Perdana: Gus Mujib Libatkan Guru dan Perempuan Cegah Kekerasan Anak dan Keluarga Lewat Program RAMAH

31

Pasuruan (WartaBromo.com) – Calon Bupati Pasuruan nomor urut 1, Gus Mujib Imron membeberkan strategi untuk mencegah kekerasan dalam keluarga dan anak. Hal itu disampaikan saat menjawab pertanyaan dari panelis di debat publik perdana pada Kamis (17/10/2024).

Calon Bupati dari Pasangan MUDAH itu telah mengusung program RAMAH (Religius, Amanah, Maslahat, Adil, Humanis). Melalui program RAMAH, Gus Mujib mengatakan akan menekankan peran guru, orang tua, perempuan dan milenial untuk mencegah kekerasan dalam keluarga maupun anak.

Menurutnya, guru merupakan inti dari pendidikan. Baik guru dari Sekolah-sekolah formal maupun non-formal. mulai TPQ, RA hingga TK.

“Tugas pokok guru adalah mendidik. Mendidik terkait akhlakul karimah, bagaimana menanamkan karakter, bagaimana anak itu bisa mempunyai unggah-ungguh,” ujarnya.

Gus Mujib juga mendorong peran aktif orang tua di dalam keluarga. Ia menekankan agar orang tua menjadi contoh yang baik bagi anak-anak.

Lebih lanjut, Calon Bupati Pasangan MUDAH itu mendorong keterlibatan perempuan terhadap isu anak. Ia menilai peran seorang ibu sangatlah signifikan di dalam keluarga.

“Perempuan itu adalah tiang agama. Kalau perempuannya kuat dalam keimanan, ketakwaan dan kelilmuan, maka di situ ibu akan terus menjaga anaknya menjadi berakhlak serta taat kepada agamanya,” jelasnya.

Di dalam pemaparannya, Gus Mujib juga ingin lebih mengoptimalkan peran milenial untuk turut aktif mengawal isu tersebut.

Diketahui konteks pertanyaan dari panelis sebelumnya bahwa Indeks Pembangunan Keluarga (IPK) yang diukur dari ketentraman, kemandirian dan kebahagiaan mengalami kenaikan cukup signifikan. Dari 55,21 persen di tahun 2022 naik menjadi 61,43 persen pada tahun 2023.

Namun, angka kenaikan itu masih di bawah kabupaten atau kota sekitar yang sudah berada dikisaran 63 – 65 persen.

Terlihat dari beberapa kejadian terakhir menggambarkan secara umum dampak dari rendahnya IPK terhadap kriminalitas, KDRT, kekerasan pada anak dan perempuan di Kabupaten Pasuruan. (ham/yog)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.