Massa Pendukung 02 Bawa APK Serta Aksi Bagi Roti oleh Ning Wardah, Bawaslu Beri Catatan Debat Perdana

40

Surabaya (WartaBromo.com) – Sebuah video yang memperlihatkan calon Wakil Bupati Pasuruan nomor urut 1, Ning Wardah Nafisah, membagikan roti kepada puluhan pendukung Paslon 02 beredar luas.

Informasi yang didapat, video tersebut diambil sesaat usai debat perdana calon Bupati Pasuruan yang disiarkan oleh salah satu stasiun televisi di Surabaya pada Kamis malam (17/10/2024).

Dalam video tersebut, terlihat Ning Wardah membawa kantong plastik berisi roti dan membagikannya kepada para pendukung Paslon 02 yang sedang meneriakkan yel-yel dukungan mereka.
Beberapa pendukung tampak menerima pemberian tersebut, sementara yang lain sempat menolak sambil meneriakkan yel – yel sindiran.

Meski aksi tersebut tidak sampai menimbulkan bentrokan namun kehadiran para pendukung yang membawa alat peraga kampanye (APK) saat debat menjadi sorotan dan mendapatkan catatan dari Bawaslu Kabupaten Pasuruan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pasuruan, Arie Yunianto, menegaskan bahwa ada beberapa pelanggaran aturan terkait kehadiran massa pendukung.

“Ini tidak akan terjadi jika para pihak taat aturan saat pelaksanaan debat,” ujarnya.

Menurut Arie, aturan sudah jelas bahwa jumlah pendukung yang hadir di lokasi debat dibatasi hanya 60 orang dan tidak diperbolehkan membawa APK ke dalam atau sekitar area debat.

Berdasarkan pantuannya di lokasi, meskipun massa pendukung yang tidak mendapat akses masuk studio harus menunggu di luar gedung, ternyata jumlah pendukung Paslon 02 yang hadir di lokasi debat melebihi kuota yang telah disepakati.

“Pendukung dibatasi 60 orang yang bisa masuk studio, jika lebih tentu harus menunggu dan berada di luar gedung. Saat debat juga ada larangan membawa APK,” jelas Arie.

Bawaslu Kabupaten Pasuruan menegaskan bahwa kejadian ini akan menjadi bahan evaluasi untuk pelaksanaan debat selanjutnya. Hal ini penting untuk memastikan bahwa seluruh pihak mematuhi aturan yang ada demi menjaga ketertiban selama rangkaian kampanye berlangsung. (yog)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.