Debat Perdana, Calon Bupati Pasuruan Rusdi Sutejo Soroti Warga Sulit Air Bersih

19

Pasuruan (WartaBromo.com) – Calon Bupati Pasuruan nomor urut 02, Rusdi Sutejo mengusung gagasan perubahan dalam paparan visi misinya di debat publik Pilbup Pasuruan 2024, Kamis (17/10/2024).

Pada paparan visi misinya, Rusdi yang didampingi pasangannya, M. Shobih Asrori, membuka paparannya dengan problematika Kabupaten Pasuruan yang selama ini kerap jadi bahan perbincangan.

“Kunci kesejahteraan adalah hidup layak dan kemampuan mengembangkan diri,” kata Rusdi.

Ia menyinggung ada sejumlah warga Kabupaten Pasuruan yang setiap hari berteman dengan jeriken air karena kesulitan mengakses air bersih. Lalu ada warga yang kesulitan mencari kerja, padahal ribuan perusahaan berdiri di Kabupaten Pasuruan.

Di sisi lain, Rusdi juga menyebut bahwa terdapat ribuan suporter di Pasuruan yang dahaga akan prestasi tim kebanggaannya yang tak kunjung naik kelas.

“Dan banyak lagi problematika Pasuruan yang membuat setiap kita harus jujur mengakui bahwa hidup layak dan mengembangkan diri merupakan sesuatu yang mahal bagi Kabupaten Pasuruan,” papar Rusdi.

Tak berhenti di situ, politisi Gerindra itu membeberkan skor Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Pasuruan. IPM menjelaskan bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, pendidian, dan kesehatan.

“Kabupaten Pasuruan di peringkat 26 dari 38 kabupaten di Jawa Timur. Padahal di sisi lain, Kabupaten Pasuruan termasuk lima wilayah ring satu industri di Jawa Timur bersama Gresik, Surabaya, Sidoarjo, dan Kabupaten Mojokerto yang seharusnya mampu berkembang lebih baik, setara dengan daerah yang saya sebutkan,” imbuhnya.

Pasangan Rusdi Sutejo-M. Shobih Asrori membawa lima misi untuk menyejahterakan Pasuruan. Pertama, mendukung dan mendorong peningkatan kualitas keimanan dan kesalehan masyarakat.

Kedua, memperkecil ketimpangan dan kesenjangan sosial ekonomi melalui program tepat guna dan tepat sasaran. Ketiga, membangun sumber daya manusia yang unggul dan produk asli Pasuruan yang kompetitif.

Keempat, memperkuat sinergitas pemerintah, pemerintah daerah, pemerintah desa, dunia usaha, dan kelompok masyarakat sebagai pilar pembangunan daerah.

Kelima, meningkatkan kualitas pelayanan publik berbasis teknologi informasi dan aparatur pemerintahan yang lebih profesional dan humanis.

Lima misi tersebut dituangkan dalam 33 program prioritas pasangan calon Rusdi Sutejo-M. Shobih Asrori. Seluruh gagasan dalam program tersebut merupakan hasil identifikasi persoalan yang disampaikan langsung oleh masyarakat.

“Saatnya Pasuruan menjemput perubahan, saatnya Kabupaten Pasuruan maju, sejahtera, berkeadilan,” pungkas Rusdi. (tof)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.