Pemkab Probolinggo Benahi Kantor MUI Demi Akreditasi dan Optimalisasi Layanan

27

Kraksaan (WartaBromo.com) – Pemkab Probolinggo merehabilitasi Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Probolinggo guna meningkatkan representasi dan memenuhi standar akreditasi. Proyek ini dilaksanakan di Gedung Islamic Center (GIC) Kraksaan dengan nilai anggaran sebesar Rp835.555.000.

Proses rehabilitasi kantor MUI ini dilaksanakan bersamaan dengan perbaikan Gedung Islamic Center (GIC) Kraksaan. Proyek tersebut digarap oleh CV. Karunia Perkasa sebagai kontraktor dan diawasi oleh CV. Cipta Abadi Indah Gemilang sebagai konsultan pengawas.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kabupaten Probolinggo, M. Syarifuddin, menegaskan pentingnya renovasi tersebut. Menurutnya, kantor lama MUI tidak lagi memadai dan jauh dari kata representatif.

“Sebelumnya, hanya ada satu ruangan. Sekarang diperluas menjadi tiga ruangan terpisah, termasuk ruang pimpinan. Pintu masuk MUI juga kini terpisah dari pintu utama GIC,” ujar Syarifuddin, Kamis (17/10/2024).

Ia berharap kantor baru ini bisa memenuhi standardisasi yang telah ditetapkan dan mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Semoga ini berdampak positif dalam melayani umat,” tambahnya.

Sekretaris MUI Kabupaten Probolinggo, Yasin, mengakui jika salah satu kendala akreditasi sebelumnya disebabkan oleh keterbatasan fasilitas kantor.

“Akreditasi ini bertujuan meningkatkan kinerja layanan. Alhamdulillah, Pj Bupati Probolinggo mendukung dengan merehabilitasi kantor,” kata Yasin secara terpisah.

Selama ini, MUI hanya mengandalkan satu ruangan di dalam GIC untuk berbagai aktivitas. Kondisi tersebut sering kali menyulitkan ketika ada agenda bersamaan, seperti tamu dan rapat.

“Kantor idealnya memiliki ruang tamu, sekretariat, ruang ketua, dan ruang rapat. Kami sering bingung ketika ada dua kegiatan sekaligus dalam satu waktu,” ujarnya.

Rehabilitasi kantor diharapkan selesai tepat waktu dan memberikan fasilitas yang lebih memadai bagi MUI dalam menjalankan fungsinya melayani masyarakat dan menjaga harmoni keagamaan di Kabupaten Probolinggo. (saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.