Sembari Bebersih Pantai Duta, Risma Janjikan Kapal Bagi Nelayan

19

Probolinggo (WartaBromo.com) – Calon Gubernur Jawa Timur dari PDI-P, Tri Rismaharini, menjanjikan kapal bagi nelayan di Desa Randutatah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo pada Senin (7/10/2024). Hal itu ia ungkapkan saat berkampanye politiknya di Pantai Duta.

Tidak hanya sekadar berorasi, Risma memilih cara berbeda dengan mengajak masyarakat terlibat langsung dalam aksi bersih-bersih pantai.

Kehadiran Risma disertai oleh Calon Bupati Probolinggo dari PDI-P, Zulmi Noor Hasani. Keduanya, bersama warga sekitar, dengan penuh semangat membersihkan sampah-sampah yang berserakan di sepanjang pantai.

Risma menekankan pentingnya menjaga kebersihan pantai, karena laut adalah sumber kehidupan bagi banyak masyarakat pesisir.

“Laut ini sumber kehidupan, sama pentingnya seperti sawah bagi petani. Kalau tidak dijaga, ikan-ikan bisa mati. Lalu kita akan makan apa?” tegas Risma.

Risma menyampaikan bahwa salah satu misinya adalah memajukan kesejahteraan masyarakat pesisir.

Menurutnya, Jawa Timur memiliki garis pantai terpanjang di Indonesia, sehingga potensi kemakmuran masyarakat pesisir sangat besar jika dikelola dengan baik.

Salah satu langkah konkret yang dijanjikannya adalah memberikan kapal nelayan yang lebih besar dan dilengkapi teknologi modern.

“Saya tidak akan banyak berjanji. Tapi, jika saya terpilih, masyarakat pesisir akan difasilitasi dengan kapal yang lebih besar dan peralatan yang lebih canggih, agar hasil tangkapan mereka lebih melimpah,” ujar Risma penuh keyakinan.

Selain itu, Zulmi Noor Hasani menambahkan bahwa kesejahteraan nelayan juga menjadi prioritasnya. Ia merencanakan sistem resi untuk perikanan yang didukung dengan pembangunan cold storage.

Dengan adanya fasilitas ini, nelayan tidak harus menjual hasil tangkapan mereka secara langsung kepada tengkulak. Melainkan dapat menunda penjualan untuk mendapatkan harga yang lebih baik.

“Nantinya, nelayan tidak hanya bisa menjual ke juragan atau pabrik, tapi juga bisa langsung menjual ke konsumen dengan harga yang lebih menguntungkan,” jelas Zulmi. (aly/saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.