Rusdi-Shobih Siapkan Program Merdeka Pupuk untuk Petani Pasuruan

18

Bangil (WartaBromo.com) – Masalah ketersediaan dan distribusi pupuk untuk petani menjadi perhatian Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan nomor urut 02, M. Rusdi Sutejo-M. Shobih Asrori. Untuk menangani masalah ini, mereka telah menyiapkan progran merdeka pupuk.

Hal ini diungkapkan oleh M. Rusdi Sutejo usai berkunjung ke perusahaan pembuat pupuk organik, PT Angputra Global Organik di Desa Mojoparon, Kecamatan Rembang, Jumat (04/10/2024).

Rusdi mengatakan, di Pasuruan terdapat perusahaan pupuk organik yang sudah berskala internasional. Ini merupakan aset bagi Kabupaten Pasuruan.

Rusdi menyebut, program merdeka pupuk merupakan program yang dibuat untuk memastikan permasalahan pupuk pada petani terselesaikan. Program ini menjamin petani tidak kesulitan pupuk.

Selain itu, ke depan, Rusdi menginginkan petani mulai mengurangi ketergantungan terhadap pupuk berbahan kimia dan beralih menggunakan pupuk organik.

“Sekarang konsen kami mengurangi kimia, memperbanyak organik,” kata politisi Gerindra tersebut.

Menurutnya, alasan penting perlunya menggunakan pupuk organik karena pupuk ini dibuat dari bahan alami, sehingga ramah terhadap lingkungan.

Direktur PT Angputra Global Organik, Willy Angga menyambut baik hal tersebut. Apalagi Kabupaten Pasuruan terkenal dengan hasil pertanian, baik tanaman pangan ataupun tanaman hortikultura.

Bahan dasar pupuk organik menggunakan limbah hewani maupun non hewani. Lalu diolah dengan tambahan formula yang sudah teruji dengan standar yang diatur dalam Peraturan Menteri Pertanian.

Willy sendiri memiliki pengalaman cukup lama di bidang produksi pupuk organik. Ia juga telah bermitra dengan Petrokimia dan Kementerian Pertanian.

“Dalam hal ini, kenapa tidak mencoba mengedukasi produk-produk pupuk organik untuk petani Pasuruan,” ujar Willy. (riz/tof)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.