Waduh! Bocah 12 Tahun Terekam CCTV Diduga Curi Uang Kotak Amal Masjid

31

Pasuruan (WartaBromo.com) – Seorang bocah belasan tahun tertangkap warga saat diduga mencuri uang dari kotak amal di Masjid Roudhlotus Syarif, Kelurahan Kandang Sapi, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan, Selasa (1/10/2024) malam. Aksi nekat bocah yang berinisial IR (12) ini terekam jelas oleh kamera CCTV, dan ia akhirnya diamankan oleh warga yang curiga terhadap gerak-geriknya.

Dalam rekaman CCTV yang didapat, aksi dugaan pencurian kota amal itu terjadi sekitar pukul 21.50 WIB di masjid yang berada di Jalan Letjen Suprapto. Dalam rekaman CCTV, IR tampak masuk ke masjid dengan langkah percaya diri, lalu langsung mendekati kotak amal dan mengangkatnya untuk dibongkar.

“Saat itu, kami melihat gerak-gerik anak ini cukup mencurigakan, jadi kami langsung mendekat ke masjid untuk memeriksa,” ungkap Hayun, salah seorang warga yang turut menangkap IR.

Menyadari bahwa aksinya terendus, IR sempat mencoba kabur dan bersembunyi di balik pot tanaman di halaman rumah warga. Namun, upaya itu sia-sia. Ia akhirnya tertangkap dan segera diserahkan kepada pihak kepolisian.

“Sempat sembunyi di pot pot bunga warga, sebelum akhirnya ditangkap dan serahkan ke polisi,” tandasnya.

Sementara itu, Plt Kasi Humas Polres Pasuruan Kota, Aipda Junaedi menyebut, bahwa IR memang sudah beberapa kali terlibat dalam kasus pencurian kotak amal.

“Kami sebelumnya juga menerima laporan serupa. Menurut pengakuannya, dia sudah melakukan ini tiga kali,” jelas Junaedi.

Saat ini, polisi menangani kasus ini dengan melibatkan Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA). Mengingat usia pelaku yang masih sangat muda, proses rehabilitasi menjadi prioritas utama.

“Kami akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial untuk memastikan anak ini mendapatkan pembinaan dan rehabilitasi yang tepat, sehingga tidak mengulangi perbuatannya di masa depan,” tambah Junaedi. (don/tof)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.