Kecelakaan Kereta di Tongas Sebabkan Empat Jadwal KA Terlambat

133

Tongas (WartaBromo.com) – Kecelakaan yang terjadi antar truk dan KA Pandalungan di perlintasan Desa Curah Tulis, Tongas, Kabupaten Probolinggo, sebabkan sejumlah jadwal kereta terganggu.

Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro bilang, akibat terhentinya KA Pendalungan Tongas, membuat jalur kereta api antara Probolinggo Pasuruan tidak dapat dilewati.

Setelah terhenti selama 125 menit pada pukul 10.55 WIB rangkaian KA Pendalungan dapat ditarik dari lokasi kejadian. Dengan menggunakan lokomotif CC 2030202 yang dipinjam dari KA Tawang Alun, relasi Ketapang – Malang.

“Sementara rangkaiannya disimpan di Stasiun Probolinggo. Pukul 11.20 WIB rangkaian KA Pandalungan masuk Stasiun Probolinggo dan mengalami kelambatan 150 menit,” jelas Cahyo.

Setelah rangkaian KA Pandalungan masuk Stasiun Probolinggo dan dilakukan pemeriksaan jalur oleh para petugas KA, pada pukul 11.30 jalur KA antara Stasiun Probolinggo – Pasuruan dapat kembali dilalui setelah lebih dari 2 jam tidak dapat dilalui.

Sampai dengan pukul 11.50 WIB, beberapa KA terdampak akibat terganggunya perjalanan KA Pendalungan di Stasiun Bayeman meliputi sebagai berikut.

KA Pandalungan tujuan Jember, berangkat Stasiun Probolinggo pukul 11.35 WIB lambat 150 menit.

KA Tawangalun tujuan Malang berangkat Stasiun Probolinggo pukul 11.46 WIB lambat 93 menit.

KA Sritanjung tujuan Lempuyangan pukul 11.31 WIB posisi Stasiun Probolinggo lambat 13 menit tunggu aman.

KA Mutiara Timur tujuan Ketapang pukul 11.44 WIB posisi Stasiun Probolinggo lambat 17 menit tunggu aman.

Akibat insiden yang melibatkan KA Pandalungan dan truk di Kecamatan Tongas, KAI mengalami kerugian yang cukup besar. Diantaranya kerugian atas kerusakan lokomotif CC 2039508 dan operasional KA yang perjalanannya harus terganggu akibat kejadian itu. (lai/saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.