IPS Meningkat 0,51 Poin, Pemkot Probolinggo Kejar Predikat Sangat Baik

21

Probolinggo (WartaBromo.com) – Indeks Pembangunan Statistik (IPS) Kota Probolinggo menunjukkan peningkatan signifikan tahun ini. Dengan nilai 2,87, Probolinggo berhasil meraih kategori “Baik”, meningkat dari tahun lalu yang hanya mencapai 2,36.

Kenaikan sebesar 0,51 ini menjadi modal berharga bagi Pemkot Probolinggo untuk mengejar target baru, yakni kategori “Sangat Baik” pada tahun 2025.

“Predikat Baik ini sudah menjadi pencapaian yang cukup untuk tahun ini, namun tahun depan kita ingin lebih, dengan dukungan semua pihak, kita berharap bisa meraih predikat Sangat Baik,” ungkap Penjabat Wali Kota Probolinggo, M. Taufik Kurniawan.

Ia mengungkapkan tekadnya dalam acara Focus Group Discussion (FGD) Penguatan Satu Data Kota Probolinggo, Senin (30/9/2024), yang diadakan dalam rangka memperingati Hari Statistik Nasional.

Dalam upaya mencapai target tersebut, Pemkot bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Probolinggo tengah menyusun Satu Data Indonesia yang terstandar.

Inisiatif ini diharapkan mampu meningkatkan efisiensi dan akurasi data, yang menjadi fondasi bagi pengambilan kebijakan pembangunan di kota tersebut.

Taufik juga menyoroti pentingnya perlindungan data dari serangan siber di era digital saat ini. “Selain cepat, tepat, dan akurat, keamanan data menjadi tantangan baru yang harus kita atasi dengan baik,” tambahnya.

Kepala BPS Kota Probolinggo, Mouna Sri Wahyuni, mengapresiasi pelaksanaan FGD ini sebagai langkah konkret dalam meningkatkan kesadaran para pemangku kepentingan terkait pentingnya penerapan Satu Data Indonesia.

“Melalui penguatan standar ini, kualitas statistik sektoral di Probolinggo bisa semakin meningkat,” kra Mouna.

Dengan berbagai langkah strategis yang telah disusun, Kota Probolinggo optimis dapat melangkah lebih jauh, mengejar predikat “Sangat Baik” dalam pengelolaan data dan statistik pembangunan di tahun mendatang. (saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.