Dramatis! Begal Bersenjata Celurit Tertangkap Warga, Dua Rekannya Lolos dalam Kejaran

45

Banyuanyar (WartaBromo.com) – Aksi tiga pelaku begal di Desa Gunung Geni, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo, berakhir dramatis pada Kamis malam (27/9/2024). Seorang pelaku berhasil ditangkap warga, sementara dua rekannya melarikan diri.

Pelaku yang tertangkap, M. Zaenudin (34), warga Dusun Krajan 1, RT 002 RW 001, Desa Penawungan, Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang, sempat menjadi bulan-bulanan massa sebelum diserahkan ke pihak berwenang.

Insiden terjadi sekitar pukul 22.00 WIB ketika korban, Shohib (23), seorang warga Dusun Calpek, RT 006 RW 001 Desa Gunung Geni, tengah melintasi jalanan sepi usai mengambil terop.

Saat itu, korban tiba-tiba dipepet oleh tiga pelaku yang menggunakan motor Honda Vario. Salah satu pelaku langsung mengacungkan celurit, memaksa korban meninggalkan sepeda motornya dan lari untuk menyelamatkan diri.

Baca Juga :   Cegah Kejahatan, Polres Probolinggo Luncurkan Aplikasi ‘POLISI PROGRESIF’

Korban yang berteriak meminta tolong berhasil menarik perhatian warga sekitar. Dalam waktu singkat, warga secara kompak melakukan pengejaran terhadap para pelaku.

Jeritan korban menarik perhatian warga sekitar yang langsung berinisiatif mengejar pelaku. Upaya warga membuahkan hasil dengan tertangkapnya Zaenudin, yang tidak dapat melarikan diri lebih jauh. Ia langsung dihentikan dan diamuk massa.

Meski sempat mendapat perlakuan kasar dari massa, pelaku akhirnya berhasil diamankan polisi.Dua pelaku lainnya, Halil dan Budi, berhasil kabur dan kini dalam pengejaran pihak berwajib.

Kapolsek Banyuanyar, melalui Kanit Reskrim Aipda Dadang Priyanto, menyatakan bahwa kejadian ini terjadi sangat cepat.

“Korban langsung kabur dan meminta bantuan warga setelah diancam dengan celurit. Warga yang bergerak cepat berhasil menangkap satu pelaku, namun dua lainnya melarikan diri,” jelasnya, Sabtu (28/9/2024).

Baca Juga :   Kesal, Warga Ngepoh Tanam Padi di Tengah Jalan

Ia juga membenarkan bahwa Zaenudin beraksi bersama dua rekannya, Halil dan Budi, yang berhasil kabur dari lokasi kejadian. “Zaenudin mengakui bahwa aksinya dilakukan bersama dua rekannya, yang saat ini masih dalam pengejaran,” kata Aipda Dadang.

Zaenudin saat ini sudah diamankan di Polsek Banyuanyar untuk menjalani proses hukum lebih lanjut. Pihak kepolisian terus memburu dua pelaku yang masih buron, sembari melengkapi berkas perkara terhadap Zaenudin. (lai/saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.