Pimpinan DPRD Kabupaten Probolinggo Sah Dilantik

185

Pajarakan (WartaBromo.com) – Pimpinan definitif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Probolinggo masa jabatan 2024-2029 resmi dilantik dalam rapat paripurna yang digelar pada Kamis (26/9/2024) siang.

Prosesi pelantikan dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Kraksaan, Putu Agus Wiranata, yang mengambil sumpah empat pimpinan DPRD terpilih.

Pelantikan ini dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 100.3.3.1/924/KPTS/011.2/2024 tentang peresmian pengangkatan pimpinan DPRD Kabupaten Probolinggo.

Dalam keputusan tersebut, Oka Mahendra Jati Kusuma dari Partai Golkar ditetapkan sebagai Ketua DPRD. Sementara tiga wakil ketua terpilih adalah Didik Humaidi dari PKB, Muhammad Zubaidi dari Partai Gerindra, dan Sumarmi Rasit dari Partai NasDem.

Pj. Sekda Kabupaten Probolinggo, Heri Sulistyanto mengucapkan selamat kepada para pimpinan DPRD yang baru dilantik. Ia berharap mereka dapat menjalankan tugas dengan sepenuh hati, berlandaskan pada nilai-nilai UUD 1945, Pancasila, NKRI, serta Bhinneka Tunggal Ika.

Baca Juga :   Awas Bibit Jagung Palsu hingga Banjir Pasuruan | Koran Online 14 Des

Heri juga menekankan pentingnya penguatan fungsi legislasi, pengawasan, dan anggaran di DPRD sebagai elemen vital dalam pemerintahan daerah.

“Kami berharap DPRD bisa melahirkan produk legislasi yang relevan dengan kepentingan jangka panjang daerah, serta memastikan pengawasan yang responsif terhadap kebutuhan masyarakat,” ujar Heri.

Sementara itu, Ketua DPRD Oka Mahendra Jati Kusuma menyampaikan bahwa setelah pelantikan, langkah pertama yang akan diambil adalah menetapkan Tata Tertib DPRD, sebagai dasar penyelenggaraan seluruh kegiatan dewan.

“Setelah ini pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD), termasuk komisi-komisi dan badan-badan yang bertugas membahas peraturan daerah dan anggaran,” ungkap Oka.

Ia juga menginformasikan bahwa terdapat tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif DPRD yang masih dalam proses pembahasan, di antaranya Raperda tentang Masyarakat Hukum Adat, Perlindungan Penyandang Disabilitas, dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Baca Juga :   Pemilik Warung di Mandaranrejo Kena Sabet Celurit hingga Sungai Welang Berubah Warna | Koran Online 9 Okt

“Setelah pembentukan Bapemperda, kita akan mengkaji kembali kelanjutan pembahasan Raperda tersebut,” kata politisi Golkar itu.

Terkait dengan pelaksanaan Pilkada mendatang, Oka mengimbau seluruh elemen masyarakat untuk menjaga situasi tetap kondusif.

“Beda pilihan itu biasa, namun yang paling penting adalah menjaga agar pilkada berlangsung damai dan tertib,” tegasnya.

Dengan dilantiknya pimpinan DPRD yang baru, diharapkan sinergi antara legislatif dan eksekutif dapat semakin erat. Membawa Kabupaten Probolinggo menuju arah pembangunan yang lebih baik. (saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.