Dipecat dan akan Diganti Diam – diam, Relawan Sahabat Gus Irsyad Menggugat ‘Sambangi’ PKB dan KPU di Daerah

67

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kabar Caleg DPR RI Dapil Pasuruan-Probolinggo, Irsyad Yusuf, terancam tak dilantik, mendapat reaksi dari relawannya. Mereka meminta KPU tak mengubah penetapan terhadap Irsyad Yusuf sebagai caleg terpilih.

Relawan yang menamakan diri sebagai Sahabat Gus Irsyad (SGI) mendatangi KPU Kota Pasuruan pada Rabu (18/09/2024) dan diikuti pula ke KPU lain di Kabupaten Pasuruan dan Probolinggo sebagai daerah pemilihan Irsyad Yusuf.

Keua Relawan Sahabat Gus Irsyad, Abdullah Fahmi mengatakan, kedatangannya ke KPU untuk menguatkan bahwa Irsyad Yusuf merupakan caleg DPR RI yang sah.

Menurut Fahmi, sampai saat ini Irsyad Yusuf belum menerima surat pemecatan, juga tidak ada kesalahan yang dilakukan oleh yang bersangkutan, baik secara hukum maupun partai politik.

Baca Juga :   4 Caleg Terpilih PKB Jalani UKK Untuk Posisi Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Selanjutnya

“Agar KPU tidak memroses surat-surat dari PKB terkait penggantian Gus Irsyad sebagai anggota DPR RI terpilih karena itu melawan hukum,” kata Fahmi.

Relawan Irsyad Yusuf meminta KPU agar tidak mengubah keputusan penetapan calon terpilih Pemilu 2024. Mereka juga meminta agar KPU yang ada di semua tingkatan meneruskan surat pernyataan sikap yang mereka serahkan kepada KPU RI.

Tak hanya KPU di daerah lanjutnya. Relawan sahabat Gus Irsyad juga mengirimkan surat ke DPP PKB melalui DPC PKB di Kabupaten Pasuruan sehari sebelumnya.

“Bahkan sempat komunikasi dengan Sekjend DPR RI, tapi dikembalikan kepada partai,” ujar Fahmi.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Pasuruan, Nanang Abidin mengungkapkan, pihaknya menerima surat pernyataan sikap yang diberikan relawan Irsyad Yusuf.

Baca Juga :   KPU Hentikan Layanan Pindah Memilih

“Surat kami terima, namun soal isi materi surat akan kami kaji dulu,” ujar Nanang.

Seperti diwartakan sebelumnya, upaya memecat dan mengganti dua caleg terpilih DPR RI diduga dilakukan oleh DPP PKB yakni Irsyad Yusuf dan Ahmad Ghufron Siradj alias Ra Gopong di dapil Jawa Timur II dan Jatim IV. Kedua politisi tersebut sempat mendatangi kantor DPP PKB untuk mempertanyakan hal tersebut. (tof/yog)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.