Warga Andungsari Bangkit! Swadaya Perbaiki Jalan Rusak Penghubung Probolinggo-Jember

63

Tiris (WartaBromo.com) – Aksi warga Desa Andungsari, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, viral di media sosial setelah mereka secara swadaya memperbaiki jalan rusak yang menjadi akses utama penghubung antara Kabupaten Probolinggo dan Jember.

Video yang tersebar di Instagram menunjukkan warga menggunakan alat-alat sederhana untuk menambal lubang dan meratakan jalan yang tidak lagi layak pakai.

Sekretaris Desa Andungsari, Ludianto, mengungkapkan bahwa perbaikan jalan dilakukan secara sukarela oleh masyarakat setempat. Bantuan dari warga datang dalam berbagai bentuk, baik berupa material maupun tenaga.

“Benar, perbaikan ini hasil swadaya masyarakat. Bagi warga yang tidak menyumbang materi, mereka berkontribusi dengan tenaga. Semua dilakukan dengan sukarela,” kata Ludianto pada Selasa (17/9/2024).

Baca Juga :   Sopir Jeep Bromo Asal Desa Boto Kalahkan Incumbent

Menariknya, selain warga sekitar, sopir truk yang sering melintas di jalan perbatasan ini juga turut menyumbangkan uang. Ini menunjukkan solidaritas yang kuat di antara masyarakat untuk memiliki akses jalan yang lebih baik.

“Pengerjaan jalan ini dimulai sejak minggu lalu dan masih berlanjut hingga sekarang,” tambah Ludianto.

Menurutnya, perbaikan ini mencakup sekitar 150 meter jalan yang mengalami kerusakan paling parah, terutama di beberapa titik yang tidak rata. Warga memulai perbaikan dari jalan yang mengarah dari Probolinggo menuju batas Kabupaten Jember.

Namun, hingga berita ini ditulis, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Probolinggo, Hengki Cahja Saputra, belum memberikan tanggapan terkait aksi swadaya ini.

Baca Juga :   Paket BLT DD Mulai Didistribusikan

Sebagai informasi, perbedaan kualitas jalan antara Kabupaten Probolinggo dan Jember sudah lama menjadi perhatian masyarakat. Bahkan, beberapa kanal YouTube menjadikannya konten yang mengundang perhatian netizen. (aly/saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.