KPU Probolinggo Buka Lowongan KPPS, Lulusan SMA Dapat Berpartisipasi di Pilkada 2024

38

Probolinggo (WartaBromo.com) – KPU Kota Probolinggo resmi membuka rekrutmen untuk anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024. Kesempatan ini terbuka bagi masyarakat yang memiliki minimal ijazah SMA atau sederajat.

Sebanyak 2.296 anggota KPPS akan dibutuhkan untuk bertugas di 328 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di seluruh Kota Probolinggo. Ketua KPU Kota Probolinggo, Radfan, menyatakan bahwa proses rekrutmen kali ini tidak berbeda jauh dengan proses Pemilu sebelumnya.

“Kami tetap menggunakan PKPU Nomor 8 Tahun 2022 sebagai dasar hukum,” jelasnya dalam Rapat Koordinasi Persiapan Pembentukan KPPS pada Selasa (17/9/2024).

Radfan mengajak seluruh warga Kota Probolinggo untuk ikut berpartisipasi dalam Pilkada melalui pendaftaran sebagai anggota KPPS, sebagai wujud partisipasi aktif dalam pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo.

Baca Juga :   Setor Rp674 Juta, Pelabuhan di Kota Probolinggo Dinilai Belum Optimal Berikan Sumbangan

Anggota KPU Kota Probolinggo, Mat Rosit, yang bertugas di Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM, memaparkan jadwal serta persyaratan rekrutmen. “Masa kerja anggota KPPS akan dimulai dari 7 November hingga 8 Desember 2024,” ungkapnya.

Tahapan pembentukan KPPS dimulai dengan pengumuman pendaftaran pada 17-21 September, pendaftaran berlangsung dari 17-28 September, diikuti penelitian administrasi pada 18-29 September, dan hasil penelitian diumumkan pada 30 September – 2 Oktober.

“Kami juga akan menerima tanggapan masyarakat mulai 30 September hingga 5 Oktober, dan pengumuman hasil seleksi akan dilakukan pada 5-7 Oktober. Pelantikan dijadwalkan pada 7 November,” tambah Rosit.

Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat bisa mengakses laman resmi KPU Kota Probolinggo atau datang langsung ke kantor KPU. Pihak KPU juga telah menyiapkan help desk untuk membantu masyarakat dalam proses pendaftaran. (saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.