Aksi Bakar Sampah Picu Kebakaran Lahan di Pasuruan

135

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kebakaran lahan terjadi di Dusun Badong, Kelurahan Mojoparon, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan, pada Senin malam (16/9/2024), akibat aksi membakar sampah.

Peristiwa bermula ketika Sunhaji Safi’i (29) membakar sampah sekitar pukul 17.30 WIB. Sayangnya, angin kencang membuat api merembet ke lahan kosong sekitar 20 meter dari lokasi pembakaran, hingga akhirnya melahap habis area tersebut.

Kebakaran dengan cepat meratakan satu lahan bambu di Dusun Badong, dibantu oleh angin yang bertiup kencang. “Saya tidak sengaja, tapi api malah merembet ke lahan sekitar,” ungkap Sunhaji.

Agus, salah satu warga yang turut membantu memadamkan api, menggunakan peralatan seadanya. “Kalau terlambat sedikit, api bisa merembet ke rumah warga,” ujarnya kepada WartaBromo.

Warga juga segera menghubungi Pemadam Kebakaran. Sekitar setengah jam setelah laporan, dua unit mobil Pemadam Kebakaran bersama tim BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Pasuruan tiba di lokasi untuk membantu warga yang panik.

Proses pemadaman cukup sulit karena lokasi kebakaran berada di area semak-semak. Menurut keterangan warga, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 19.00.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, satu lahan bambu hangus terbakar dengan total kerugian diperkirakan mencapai Rp 2 juta. (riz/asd)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.