Dua Pecatur Probolinggo Raih Emas Catur Cepat Beregu PON XXI

104

Probolinggo (WartaBromo.com) – Tim catur cepat beregu putra Jawa Timur berhasil mempersembahkan medali emas dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 yang digelar di Aceh dan Sumatera Utara.

Dua pecatur asal Kabupaten Probolinggo, Mohamad Ervan dan M. Agus Kurniawan, turut menjadi bagian penting dalam pencapaian tersebut.

“Alhamdulillah, dua pecatur dari Kabupaten Probolinggo yang berlaga di PON Aceh-Sumut, yakni Evan dan Agus, sukses menyumbangkan emas,” ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Probolinggo, Heri Mulyadi, Minggu (15/9/2024).

Dalam pertandingan kategori catur cepat beregu putra, tim Jatim yang diperkuat oleh Catur Adi Sagita, Dziththauly Ramadhan, Nayaka Budhidharma, bersama Ervan dan Agus, tampil gemilang dalam 9 babak yang dimainkan. Mereka berhasil mengungguli tim dari DKI Jakarta dan Kalimantan Tengah, yang masing-masing meraih medali perak dan perunggu.

Baca Juga :   Tak Benar Ada 19 ODP di Kabupaten Probolinggo

Di sisi lain, tim catur cepat beregu putri Jawa Timur hanya mampu meraih medali perunggu. Tim putri yang terdiri dari Nadya Anggraini Mukmin, Aay Aisyah Anisa, Retno Wijayanti, Salwa Nadia Maharani, dan Nurul Afni Hanifah, kalah dari tim DKI Jakarta yang membawa pulang medali emas, serta Jawa Barat yang meraih perak.

Pelatih catur Jawa Timur, Heri Darmanto, mengungkapkan rasa bangganya atas capaian timnya. “Saya sangat bangga karena semua atlet catur yang bertanding di PON XXI ini adalah asli putra daerah Jatim. Ini prestasi yang luar biasa,” katanya.

Heri juga menambahkan bahwa sebagian besar anggota tim Jatim masih muda, termasuk Dziththauly Ramadhan yang merupakan salah satu pecatur termuda di tim tersebut.

Baca Juga :   Seluruh Kades di Kabupaten Probolinggo Dapat Ajakan Kawal Kasus OTT Karanggeger

“Hampir separuh anggota tim PON Jatim adalah pemain muda. Namun, mereka sudah mampu bersaing dengan pecatur senior yang sudah bergelar Master Nasional (MN), Master Internasional (MI), bahkan Grand Master (GM),” jelas Heri yang akrab disapa Hedar.

Dengan raihan satu emas dan satu perunggu, Hedar berharap capaian ini menjadi motivasi bagi tim Jatim untuk terus berprestasi di nomor-nomor lainnya pada ajang PON ini. (saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.