Kawasan Alun-alun Pasuruan Dipadati Puluhan Ribu Jemaah Haul Mbah Hamid ke-43

533
haul kiai hamid

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kawasan Alun-alun Kota Pasuruan dibanjiri puluhan ribu jemaah dalam rangka Haul Akbar ke-43 Kiai H. Abdul Hamid, Sabtu (14/9/2024). Para jemaah datang dari berbagai daerah di Indonesia untuk menghadiri acara penuh berkah ini.

Sejak pagi, kawasan Alun-alun hingga Payung Madinah yang berada di depan Masjid Jamik Al-Anwar telah dipadati jemaah. Mereka datang dengan penuh semangat, meskipun cuaca panas tidak menyurutkan langkah mereka.

Jalan-jalan utama seperti Jalan Niaga dan Jalan KH. Wachid Hasyim dipenuhi ribuan jemaah dan puluhan pedagang kaki lima. Parkiran sepeda motor dan mobil pun memadati setiap sudut kota.

Salah satu jemaah, Khoiron (45) dari Desa Keboncandi, Kecamatan Gondang Wetan, Kabupaten Pasuruan, mengaku telah datang bersama keluarganya sejak pagi.

Baca Juga :   Ini Kata Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan soal Jumlah ODP-PDP Paling Rendah di Jatim

“Panas, tapi saya senang bisa bertemu dengan banyak jemaah dari seluruh Indonesia. Ini momen penuh berkah,” ujarnya di tengah keramaian Alun-alun.

Senada dengan Khoiron, Aidah (27), jemaah asal Solo, Jawa Tengah, juga hadir bersama keluarganya. Mereka tiba dua hari lebih awal untuk bersilaturahmi dengan kerabat di Pasuruan.

“Saya datang setiap tahun bersama kakak dan adik untuk menghadiri Haul Mbah Hamid,” ungkapnya.

Haul Akbar ke-43 ini dimulai pukul 07.00 WIB dengan pembukaan oleh KH. Idris Hamid, disusul dengan sambutan dari Menteri Sosial, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul. Wakil Ketua Umum PBNU, KH. Zulfa Mustofa, turut memberikan tausiyah dalam acara tersebut.

Tokoh nasional lainnya yang hadir antara lain KH. Agoes Ali Masyhuri dan Habib Jindan, yang semakin menambah kekhidmatan acara. (don)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.