Keutamaan Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

229

Pasuruan (WartaBromo.com) – Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah momen istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. Sebagai umat Muslim, tentu kita harus tahu keutamaan Maulid Nabi.

Tahun ini, sesuai dengan pengumuman Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU), 1 Rabiul Awal 1446 Hijriah jatuh pada Kamis, 5 September 2024. Dengan demikian, perayaan Maulid Nabi akan berlangsung pada Senin, 16 September 2024.

Ada sejumlah keutamaan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, yaitu:

1. Meningkatkan Rasa Syukur

Perayaan Maulid Nabi merupakan salah satu cara umat Islam untuk mengekspresikan rasa syukur atas karunia dan rahmat Allah.

Dalam Surat Yunus ayat 58, Allah memerintahkan umat-Nya untuk bergembira dan bersyukur atas nikmat yang diberikan-Nya, termasuk nikmat beragama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga :   8 Foto Unik 'Cocokan' Untuk Rayakan Mauludan

Ini adalah kesempatan untuk mengingat dan merayakan semua berkat yang telah diperoleh melalui perjuangan Nabi.

2. Meneguhkan Hati

Merayakan Maulid Nabi juga memiliki keutamaan untuk memperkuat iman dan tekad umat Islam. Perayaan ini memungkinkan umat untuk merenung dan belajar dari perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam menyebarkan Islam.

Surat Hud ayat 120 menjelaskan pentingnya mengambil pelajaran dari kisah Nabi untuk menghadapi berbagai tantangan dalam hidup dengan lebih tabah dan penuh keyakinan.

3. Berbuat Kebaikan

Selama perayaan Maulid, umat Islam dapat terlibat dalam berbagai aktivitas kebaikan, seperti mengadakan majlis ta’lim, bersedekah, atau kegiatan amal lainnya.

Aktivitas-aktivitas ini tidak hanya memperkuat tali persaudaraan di kalangan umat Islam, tetapi juga memperkuat solidaritas masyarakat.

Baca Juga :   Menu Masakan yang Wajib Ada Saat Maulid Nabi

4. Mendapatkan Berkah dan Pengampunan

Mengikuti perayaan Maulid Nabi dengan membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW adalah amalan yang sangat dianjurkan.

Berdasarkan hadis, setiap shalawat yang dibaca akan dibalas oleh Allah dengan sepuluh kali shalawat. Ini merupakan kesempatan untuk mendapatkan banyak berkah dan ampunan dari Allah SWT.

5. Mengenalkan Nilai-nilai Islam

Perayaan Maulid juga menjadi momentum untuk mengenalkan nilai-nilai Islam seperti toleransi, ukhuwah, dan kebersamaan kepada masyarakat luas. Diharapkan, pemahaman dan penerimaan nilai-nilai Islam dalam konteks yang lebih luas bisa semakin kuat. (trf/jun)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.