Pesona Kuliner dan Budaya Memikat Wisatawan

90

Probolinggo (WartaBromo.com) – Kemeriahan Hari Jadi Kota Probolinggo ke-665 pada tahun 2024 berhasil menarik perhatian warga lokal dan wisatawan mancanegara.

Pusat kegiatan yang berlokasi di Alun-Alun Kota Probolinggo dipadati pengunjung yang antusias menikmati berbagai kuliner yang ditawarkan, mulai dari jajanan tradisional hingga modern, serta aneka makanan laut yang menggugah selera.

Stan-stan minuman juga turut meramaikan acara ini, mulai dari es teh, minuman ringan, hingga minuman kekinian.

Tak hanya warga lokal yang menikmati suasana, terlihat beberapa turis asing yang ikut larut dalam atmosfer khas kota yang sejuk dan dikelilingi angin gending.

Will dan Catty, turis asal Amerika, mengungkapkan kegembiraan mereka setelah mencicipi mie jedder yang pedas dan dimsum, serta jajanan manis tanghulu.

Baca Juga :   Sepi, Gedung Kesenian Lokasi Pas Bertransaksi Pil Koplo

“Kami datang untuk mencoba kuliner di sini. Mi jedder sangat pedas tapi enak. Kami juga mencoba dimsum dan tanghulu. Semuanya lezat!” ungkap merekamereka dalam bahasa Inggris.

Tidak hanya menyajikan kuliner, Pemkot Probolinggo juga mengemas acara ini dengan berbagai hiburan menarik. Penampilan seni dari pelajar tingkat dasar hingga menengah pertama.

Ada yang membawakan musik hadrah dan beragam tarian tradisional seperti, Jaran Bodag, Tari Saman dan Tari Kucing Condromowo, sukses memukau penonton. Gerakan tari yang kompak dan harmonis semakin memeriahkan suasana malam perayaan.

Ribuan warga memadati area Alun-Alun untuk menikmati hiburan yang disuguhkan, menjadikan acara ini sebagai momen yang dinanti setiap tahunnya.

Baca Juga :   Banjir Order Masker Merah Putih

“Setiap tahun gak pernah absen nonton. Setelah Semipro, acara ini yang selalu kami tunggu-tunggu,” ujar Sukma, salah satu pengunjung setia.

Acara ini juga memberikan manfaat ekonomi bagi para pedagang, termasuk UMKM lokal. Kinanti Wulandari, penjual aksesoris handmade, mengungkapkan bahwa acara seperti ini selalu membawa peningkatan penjualan yang signifikan.

“Biasanya saya jualan di rumah atau online. Tapi di event seperti ini, lebih ramai yang datang dan pembeli juga lebih banyak. Waktu Semipro omsetnya hampir tiga juta, semoga kali ini bisa menyamai,” ujar Kinanti penuh harap.

Perayaan Hari Jadi Kota Probolinggo yang berlangsung dari 30 Agustus hingga 8 Sepetember 2024, benar-benar menjadi ajang yang dinikmati oleh berbagai kalangan, baik warga lokal maupun wisatawan asing.

Baca Juga :   Penampakan Gerhana Matahari Cincin di Pasuruan, hingga Razia PSK di Warkop | Koran Online 27 Des

Juga menjadi momen penting bagi pelaku usaha kecil untuk meningkatkan pendapatan mereka. (lai/saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.