Hujan Ringan Bantu Pemadaman Kebakaran Hutan di Pegunungan Argopuro

59

Probolinggo (WartaBromo.com) – Kebakaran hutan yang melanda Pegunungan Argopuro di Kabupaten Probolinggo diperkirakan dapat segera dipadamkan, berkat turunnya hujan ringan di kawasan hutan konservasi tersebut.

“Saat ini hujan gerimis tengah mengguyur sekitar area hutan. Kami berharap kondisi ini dapat membantu proses pemadaman kebakaran di lereng Pegunungan Argopuro,” ungkap Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, Oemar Sjarif, Rabu (4/9/2024).

Proses pemadaman kebakaran yang berlangsung saat ini dilakukan secara manual mengingat lokasi yang terpencil dan jauh dari pemukiman penduduk. Sebanyak 11 personil dari tim gabungan bekerja keras untuk mengurangi dampak kebakaran.

Oemar Sjarif juga menyampaikan bahwa pihaknya masih melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk memantau dan menangani situasi ini. “Kami belum dapat memastikan penyebab kebakaran dan luas area yang terbakar,” tambahnya.

Baca Juga :   Penyembelihan Ayam Tak Sesuai Syariat Ditemukan di Pasar Tradisional Bantaran

Kebakaran ini terdeteksi melalui aplikasi SiPongi+, yang merupakan sistem pemantau kebakaran hutan dan lahan. Titik api pertama kali terpantau pada Senin (2/9/2024) pukul 21.14 WIB.

Kebakaran ini terjadi di lereng Pegunungan Argopuro, khususnya di Desa Plaosan, Kecamatan Krucil, yang berada di bawah Rawa Embik, sebuah lokasi populer di kalangan pendaki.

Dampak kebakaran menyebabkan BPBD Kabupaten Probolinggo memutuskan untuk menutup akses pendakian ke Argopuro, terutama menuju Rawa Embik. Penutupan ini dilakukan setelah melakukan koordinasi dengan BPBD Situbondo, Bondowoso, serta Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Resort Bremi. (aly/saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.